Indonesia dan Arab Saudi Bahas Investasi Pariwisata dan Jemaah Umrah

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al Khatiev di sela-sela kegiatan bursa pariwisata World Travel. (dok. kemenparekraf.go.id)
Bagikan

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) membahas tentang investasi pariwisata dan jemaah umrah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al Khatiev di sela-sela kegiatan bursa pariwisata World Travel Market (WTM) 2022 di London, Senin (7/11/2022).

Dalam kesempatan itu, keduanya bicara berbagai hal terkait pengembangan pariwisata dan saling bertukar pikiran membahas soal transformasi pariwisata di masing-masing negara.

Selain itu, sekaligus menandatangani MoU terkait kolaborasi pariwisata kedua negara. Keduanya juga sepakat untuk saling berkolaborasi demi terciptanya lapangan kerja.

“Di sela-sela World Travel Market, saya mendapat kesempatan untuk bertukar pikiran dengan Menteri Pariwisata dari Saudi Arabia yang menceritakan tentang transformasi pariwisata di Saudi, yang bisa dikolaborasikan dengan Indonesia, terutama berkaitan dengan banyaknya para jemaah umrah yang diharapkan juga bisa memicu kerja sama dari segi peluang ekonomi kreatif, khususnya di beberapa kota besar di Saudi,” ujarnya di ExCeL London, Inggris, Senin (7/11/2022).

Baca juga :   Pemprov Bali Wajibkan Pelaku Perjalanan Via Udara Tes PCR

Peluang-peluang tersebut, di antaranya di subsektor ekonomi kreatif, yakni kuliner hingga fesyen.

Selain itu, lanjut Sandiaga, bersama dengan Menteri Ahmed juga membahas ketertarikan Arab Saudi untuk berinvestasi di bidang infrastruktur, di antaranya soal proyek kereta gantung di jalur Puncak, Jawa Barat, yang diharapkan dapat mengurai kemacetan, karena tingginya minat masyarakat untuk menghabiskan liburan di sana.

“Kita membicarakan kereta gantung yang akan menghubungkan beberapa destinasi wisata di Puncak dan destinasi lainnya, maupun juga undangan beliau untuk meninjau global academy untuk pariwisata yang akan didirikan di Riyadh,” tutur Sandiaga.

Sandiaga memaparkan, saat ini kedua negara memiliki fokus utama kerja sama di bidang sustainable tourism atau konsep wisata berkelanjutan. Untuk menindaklanjuti pertemuan di London, Sandiaga dijadwalkan akan mengunjungi Arab Saudi.

Baca juga :   Konferensi WCCE 2022 Bahas Empat Isu Besar Sektor Ekraf

“Nanti menjadi titik awal dari kerja sama Arab Saudi dengan Indonesia di sektor parekraf secara berkelanjutan dalam jangka waktu menengah, 5 tahun hingga 10 tahun ke depan harapannya tentu penciptaan peluang usaha, ekonomi yang lebih baik dan terbukanya lapangan kerja yang sangat dibutuhkan di beberapa destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif,” jelasnya.

Di kesempatan tersebut, Menteri Ahmed juga mengundang Menparekraf Sandiaga untuk hadir Global World Travel and Tourism Council (WTTC) ke-22 yang akan digelar di Riyadh akhir November ini. B

 

Komentar

Bagikan