Indonesia AirAsia Segera Luncurkan Rute Internasional Pertama Kali dari Jakarta ke Brunei Darussalam

Peluncuran rute terbaru Jakarta, Indonesia ke Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. (dok. newsroom.airasia.com)

Maskapai berbiaya hemat terbaik dunia versi Skytrax, Indonesia AirAsia meluncurkan pembukaan rute terbaru Jakarta, Indonesia ke Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Rute ini akan resmi untuk terbang pertama kalinya pada 2 Agustus 2024.

“Indonesia AirAsia merasa bangga dapat terus menghubungkan dan mempermudah perjalanan penumpang ke berbagai destinasi pilihan. Dibukanya rute internasional baru ini kembali membuktikan komitmen Indonesia AirAsia untuk memberikan pilihan penerbangan lain dengan harga yang terjangkau,” tutur Direktur Operasi Indonesia AirAsia Capt. Wuri Septiawan di Brunei Darussalam, baru-baru ini.

Dia menambahkan, pembukaan rute ini juga dilakukan sebagai bentuk dukungan Indonesia AirAsia kepada pemerintah Indonesia dalam memperluas konektivitas melalui moda transportasi udara ke berbagai negara tetangga di kawasan ASEAN.

Dengan demikian, diharapkan dapat membantu upaya pemerintah di masing-masing negara dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Acara Press Conference peluncuran rute Jakarta – Bandar Seri Begawan berlangsung pada Indonesia Halal Expo 2024 di International Convention Centre ICC, Brunei Darussalam.

Baca juga :   Sewindu Maskapai Emirates di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Turut hadir Duta Besar LBBP Indonesia untuk Brunei Darussalam Prof. Achmad Ubaedillah, Permanent Secretary Ministry of Transport and Infocommunications Mohammad Nazri bin Mohammad Yusof, Director Department of Civil Aviation Brunei International Airport Bandar Seri Begawan Haji Mohamad Azlan bin Haji Mohammad Junaidi dan Direktur Operasi Indonesia AirAsia Capt. Wuri Septiawan.

“Kami sangat antusias dalam menyambut peluncuran penerbangan langsung antara Jakarta dan Bandar Seri Begawan oleh Indonesia AirAsia. Inisiatif ini akan semakin mempererat hubungan bilateral antarnegara,” jelasnya.

Selain itu, juga memfasilitasi mobilitas penumpang, membuka peluang baru di bidang ekonomi dan pariwisata.

“Kami berharap ini menjadi awal dari kerja sama yang lebih erat dan bermanfaat bagi Indonesia dan Brunei Darussalam, termasuk memberikan peluang yang lebih luas bagi masyarakat di kedua negara yang bersahabat/bertetangga untuk berinteraksi, serta meningkatkan kerjasama secara ekonomi dan budaya,” kata Duta Besar LBBP Indonesia untuk Brunei Darussalam Prof. Achmad Ubaedillah.

Baca juga :   Penerbangan Reguler dari India ke Indonesia Akan Dihentikan

Dibukanya rute ke Bandar Seri Begawan ini membuka kesempatan bagi wisatawan asal Indonesia untuk dapat menikmati keindahan alam dan keberagaman budaya di Brunei Darussalam, mulai dari Omar Ali Saifuddien Mosque, Jame’ Asr Hassanil Bolkiah Mosque, Gadong Night Market, Istana Nurul Iman, Royal Regalia Museum, Tasek Lama Recreational Park, serta Taman Mahkota Jubli Emas.

Begitupun sebaliknya, wisatawan asal Brunei Darussalam juga dapat menikmati pariwisata Indonesia di destinasi favorit pilihan dengan melakukan penerbangan lanjutan dari Jakarta ke Bali, Labuan Bajo, Silangit, Lombok, dan Lampung.

Pada tahun 2023, menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia jumlah wisatawan mancanegara dari Brunei Darussalam ke Indonesia mencapai 13,518 wisatawan atau naik sebesar 181,7% jika dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya mencapai 4,798 wisatawan.

Jadi, dengan adanya rute penerbangan langsung ke Jakarta ini diharapkan akan terus meningkatkan jumlah wisatawan asal Brunei Darussalam yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2024. B

 

 

Komentar