Dua Kereta Api Tertahan Karena Jalur Tertimbun Longsor

Jalur kereta api di Kabupaten Malang Jawa Timur tertimbun longsor Selasa (18/10/2022). (dok. KAI Daop 8 Surabaya)
Bagikan

Jalur kereta api (KA) antara Stasiun Sumberpucung-Pohgajih di Kabupaten Malang, yakni di jalur KM 85+4/5 tertimbun longsor pada Selasa (18/10/2022) pukul 09.08 WIB.

Namun, terdapat di tiga titik longsor lain yang berpotensi menutup jalur kereta api. Ketiga titik longsor itu adalah di KM 84+8/9, KM 82+6/7 dan KM 81+3 pada petak jalan Sumberpucung-Pohgajih.

Akibatnya, terdapat dua perjalanan kereta api yang terganggu, yaitu KA Matarmaja dengan tujuan Stasiun Malang-Pasar Senen dan jam keberangkatan pukul 09.25 WIB.

Kereta jarak jauh itu terpaksa tertahan di Stasiun Sumberpucung. “Rencananya kereta api tersebut dialihkan melewati Lawang-Bangil-Sidoarjo-Tulangan-Mojokerto lanjut Kertosono,” kata Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya.

Baca juga :   KAI Operasikan KA Sesuai Aturan Protokol Kesehatan

Kemudian, dia menambahkan, KA Penataran relasi Surabaya-Blitar juga tertahan di Stasiun Kepanjen akibat longsor tersebut.

“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan, karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat jalur kereta api terkena longsor di wilayah tersebut,” jelas Luqman.

Hujan dengan kategori sedang masih terjadi hingga saat ini, KAI Daop 8 Surabaya masih melakukan berbagai upaya untuk memulihkan perjalanan kereta api di lokasi tersebut, di antaranya pengaturan operasional kereta api dan prasarana jalur kereta api.

“KAI juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat proses perbaikan,” ungkapnya.

Luqman berharap semoga cuaca mendukung dan longsor segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal dan perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancer. B

Baca juga :   Ditjen Hubdat Benahi Angkutan Perintis

 

Komentar

Bagikan