Ditjen Hubud Apresiasi Kembalinya Penerbangan Langsung di Bandara Kalimarau

Peresmian kembali penerbangan langsung (direct) dari/ke Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. (dok. kemenhub)

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyambut baik diaktifkan kembali penerbangan langsung (direct) dari/ke Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.

Maskapai Batik Air dengan rute penerbangan Bandara Soekarno-Hatta (CGK) – Bandara Kalimarau (BEJ) pergi pulang (pp) dan Bandara Juanda (SUB) – Bandara Kalimarau (BEJ) pp mulai Rabu (6/9/2023).

Ikut serta dalam penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Kalimarau, yakni Bupati Berau, Wakil DPRD Berau, Kepala Kejaksaan Negeri Berau, dan Kepala Bandara Kalimarau.

Penerbangan ini tentunya sebagai pertanda mulai bangkitnya industri penerbangan nasional dengan dibukanya akses langsung penerbangan dari/ke Kabupaten Berau dan sekitarnya.

Selain itu, penerbangan ini akan mempermudah konektivitas dan mobilitas para pengguna jasa transportasi udara dan diharapkan akan memberikan dampak kepada pariwisata dan perdagangan.

Baca juga :   Presiden Resmikan Bandara Pantar Kado Buat Warga Pulau Terpencil

Ditempat terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni menyampaikan apresiasi kepada Pemerintahan Daerah (Pemda) Berau dan stakeholders penerbangan atas dukungan dan peran aktifnya untuk menghidupkan kembali rute penerbangan yang sempat terhenti sebelumnya, karena pandemi Covid-19.

“Ini bisa menjadi contoh kolaborasi yang baik dan semoga makin banyak pemda yang berperan aktif mendukung operasional penerbangan di wilayahnya,” ujarnya.

Hadirnya penerbangan langsung (direct flight) ini, Kristi menuturkan, konektivitas antar kota dan menuju daerah wisata disekitarnya, otomatis menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga diharapkan dapat menstimulus rute penerbangan lainnya.

“Kami berharap, dukungan dan kerja sama pemda dan stakeholder penerbangan dapat terus ditingkatkan. Karena Kemenhub tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari pemda, operator penerbangan dan pihak terkait lainnya,” jelasnya.

Baca juga :   Penerbangan Perdana Pesawat Jenis Beechcraft Super Kings Air Mendarat di Bandara A.H. Nasution

Bupati Berau Sri Juniarsih yang turut hadir menyambut kedatangan penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Berau menyambut baik dengan terselenggaranya kembali penerbangan ini.

“Kami percaya bahwa kehadiran maskapai Batik Air secara direct dari Jakarta dan Surabaya akan memberikan akses transportasi yang lebih mudah, sehingga akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Berau,” tuturnya.

Kepala Bandar Udara Kalimarau Ferdinand Nurdin menyampaikan terima kasih atas dukungan pemda dan stakehoders penerbangan, sehingga rute penerbangan ini bisa aktif kembali.

“Mari kita manfaatkan keberadaan bandara di Kabupaten Berau ini dengan sebaik-baiknya. Dengan mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah yang ada, maka akan makin banyak pertumbuhan penumpang di Kabupaten Berau,” jelas Ferdinan. B

Komentar