Ditjen Hubla Siapkan KM Tatamailau Jadi Hotel Terapung Dukung Sail Tidore 2022

Bagikan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bekerjasama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) menyiapkan Kapal Motor (KM) Tatamailau sebagai hotel terapung.

Kapal itu guna mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Sail Tidore 2022 yang berlangsung di Kota Tidore, Maluku Utara pada 24-29 November 2022,

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Capt. Hendri Ginting mengatakan bahwa hotel terapung tersebut merupakan dukungan akomodasi untuk kelancaran dan suksesnya penyelenggaraan Sail Tidore 2022.

Hal tersebut disampaikan Capt. Hendri saat meninjau langsung kesiapan KM Tatamailau di Tidore, Kamis (24/11/2022).

“Kita siapkan KM Tatamailau sebagai akomodasi bagi para peserta untuk tamu, pengunjung dari masyarakat umum, petugas kepolisian, TNI, driver shuttle bus dan lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Capt. Hendri menambahkan, ada juga kamar yang dapat digunakan oleh tamu Very Important Person (VIP) jika ingin mengunakan fasilitas hotel terapung ini.

Baca juga :   Kemenparekraf-SmesHub Kerja Sama Kelola Limbah Plastik UMKM

Lebih lanjut Capt. Hendri menjelaskan, KM Tatamailau dapat menampung 1.000 orang, yang terdiri dari Kabin Kelas IA berjumlah tujuh kamar dan masing-masing dapat diisi dua orang dengan total sebanyak 14 orang.

Kabin Kelas IB berjumlah 10 kamar dan masing-masing dapat diisi empat orang dengan total sebanyak 40 orang, serta Kelas Ekonomi untuk penumpang sebanyak 946 orang.

“Fasilitas di dalam kapal dapat menunjang aktifitas, seperti restoran kapal, mushola, kafetaria, toilet hingga mini market, di sekitar Pelabuhan Soasio juga ada UMKM yang menjual makanan, sehingga para penumpang tidak bingung ketika ingin membeli makanan,” ungkap Capt. Hendri.

Dia menuturkan, guna mendukung penyelenggaraan Sail Tidore 2022, ketersediaan angkutan laut sudah siap Speedboat (87 unit), Perahu Motor (12 unit), Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 105, KN Bacan dari Distrik Navigasi Ambon, KN 494 dari UPP Babang, Kapal Penyeberangan milik BPTD Ambon KN 324, dan untuk pengamanan dikerahkan Kapal Patroli KPLP KNP 358 dan KNP 375.

Baca juga :   Kemenparekraf Siapkan Program Tepat Sasaran Tahun 2022

Selain itu, juga Direktorat Jenderal Perhubungan Laut turut berpartisipasi dalam kegiatan pameran Sail Tidore 2022, dalam pameran tersebut ditampilkan materi terkait dengan program Tol Laut, Kapal Perintis dan Kapal Ternak.

“Untuk itu, Kemenhub dalam hal ini Ditjen Hubla sangat siap dan mendukung penuh penyelenggaran Sail Tidore 2022 ini, petugas kami dilapangan siap melayani untuk menyukseskan penyelenggaraan,” kata Capt. Hendri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Tidore Capt. Ali Ibrahim dan Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni Yahya Kuncoro. B

Komentar

Bagikan