DESA WISATA POTENSIAL JADI DESTINASI PILIHAN

0
37
Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. (Istimewa)

Desa wisata sangat berpotensi menjadi destinasi pilihan wisatawan nasional ataupun Internasional dan warga desa, serta masyarakat harus ikut mendorong akses terkenalnya desa wisata untuk go international melalui media digital.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparfekraf) Sandiaga Salahuddin Uno hadir ke Kabupaten Pangandaran dalam rangka penilaian Desa Wisata Favorit di Indonesia. Rabu (13/10/2021).

Salah satu objek wisata Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran masuk dalam penilaian Desa Wisata Favorit di Indonesia.

Destinasi wisata yang menjadi penilaian di antaranya Santirah dan Pepedan Hills.
Adapun kesenian yang masuk penilaian merupakan seni Lebon.

Baca juga :   Kemenparekraf Rancang Katalog Parekraf Rawan Bencana di 5 DSP

“Saya ditugaskan untuk mengecek Desa Wisata dan kreatif untuk pengecekan infrastruktur khususnya bidang Pariwisata,” ujar Sandiaga.

Dia menuturkan, kunjungan destinasi wisata ini naik, karena adanya banyak posting konten kreator tentang wisata. “Maka dari itu desa wisata berbasis digital harus segera diwujudkan agar pemaparan desa wisata bisa dijangkau lebih jauh,” ujarnya.

Sandiaga menjelaskan, maka dari itu desa wisata perlu adanya internet untuk menjaring akses media sosial lebih jauh bagi warga desa.

Untuk itu, Menparekraf meminta kepada Bupati Pangandaran untuk segara membuat area jangkauan internet cepat dan nanti akan dibantu pemerintah pusat.
Dia juga berharap Pangandaran menjadi destinasi wisata yang berkelas dunia akan segera terwujud.

Baca juga :   Pemerintah Dorong Pengembangan Desa Wisata Berbasis Ekoturisme

Sementara itu, Bupati Pangadaran Jeje Wiradinata mengapresiasi kepala desa dan masyarakat Desa Selasari yang sudah membantu promosi desa wisata hingga masuk nominasi desa wisata favorit di Indonesia.

“Berharap desa wisata menjadi juara 1 Desa Wisata Favorit Indonesia dan berharap akan munculnya desa-desa wisata yang lain,” ungkapnya. B


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here