Bupati Purwakarta Ajak Aktivis Mahasiswa Ikut Bangun Wilayah Perdesaan

Saat Pengukuhan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Purwakarta di Bale Paseban, Komplek Pemda Purwakarta, Jumat (17/3/2023). (dok. purwakartakab.go.id)

Bupati Kabupaten Purwakarta Anne Ratna Mustika mengajak para aktivis mahasiswa untuk ikut serta membangun wilayah perdesaan, karena potensi yang besar dan sumber daya alam yang melimpah harus menjadi sumber kekuatan ekonomi.

Menurut Anne, peran mahasiswa dan kampus turut andil besar dalam pertumbuhan ekonomi daerah, sedangkan ekonomi daerah mendorong kemajuan pertumbuhan perekonomian secara nasional.

“Teman-teman mahasiswa harus menjadi agen pertumbuhan ekonomi. Gali terus potensi desa. Terus belajar, dimana saja, kapan saja, kepada siapa saja, tujuannya untuk mengasah kepekaan dalam melihat setiap potensi,” ujar Bupati Anne di sela-sela Pengukuhan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Purwakarta di Bale Paseban, Komplek Pemda Purwakarta, Jumat (17/3/2023).

Menumbuhkan sektor ekonomi, lanjut bupati perempuan pertama di Kabupaten Purwakarta ini menjelaskan, merupakan prinsip dasar nilai-nilai Tridharma Perguruan Tinggi.

Baca juga :   Indonesia dan Malaysia Bahas Penguatan Kerja Sama Sektor Transportasi

“Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian yang terkandung dalam Tridharma Perguruan Tinggi harus menjadi spirit bagi teman-teman aktivis dari Aliansi BEM untuk menumbuhkan sektor ekonomi di daerah,” tuturnya.

Pembangunan infrastruktur jalan yang hari ini yang sudah sampai ke desa terluar di Purwakarta, lanjut bupati yang lebih akrab dengan sapaan Ambu Anne, harus bisa di optimalikan, seperti hasil perkebunan, perikanan, bahkan wisata desa.

“Desa wisata, itu bisa memberikan nilai tambah kepada masyarakat di wilayah Pedesaan, memberdayakan masyarakat, potensinya. Teman-teman Mahasiswa harus bisa menjadi roda penggerak untuk memaksimalkan potensi tersebut,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Aliansi BEM Mahasiswa Kabupaten Purwakarta Muhammad Abdul Fauzi mengatakan, mahasiswa sebagai kalangan terpelajar dan dikenal agent of change harus menjadi penentu arah perubahan, termasuk perubahan zaman yang hari ini dirasa sangat cepat.

Baca juga :   Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dorong Pariwisata Belitung

“Apa yang dikatakan oleh Ambu Anne itu menjadi pengingat bagi kita sebagai agen perubahan. Kalau setiap hari mahasiswa hanya rebahan, tidak bisa jadi agen perubahan. Tapi dengan cara memperkuat ekonomi kreatif di pedesaan dan mengoptimalkan potensi daerah, itu bisa disebut kalangan agen perubahan,” tuturnya.

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tergabung dari semua sekolah tinggi maupun universitas di Kabupaten Purwakarta itu merupakan wadah antar mahasiswa untuk menjaga kondusivitas dan kenyamanan di Purwakarta, serta meningkatkan perekonomian di daerah. B

 

 

 

Komentar