Bandara Toraja; Kado Natal & Akhir Tahun

0
94
Pesawat Wings Air dan Citilink di Bandara Toraja

Kabupaten Tana Toraja yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan baru saja mendapatkan kado natal dan akhir tahun yang sangat spesial. Baru diresmikan September 2020, kado tersebut merupakan bandara baru untuk Kabupaten Tana Toraja dan sekitarnya yaitu Bandara Toraja.

“Kehadiran bandara baru yaitu Bandara Toraja di Tana Toraja dan terbukanya Bandara Toraja untuk maskapai penerbangan pesawat besar ibarat kado natal dan akhir bagi masayarakat di Tana Toraja ini,” ujar Kepala Bandara Toraja Rasidin.

Bandara Toraja akan menggantikan Bandara Pongtiku yang sudah lebih dahulu beroperasi sejak tahun 1978. Bandara Pongtiku direlokasi karena bandara ini sudah tidak bisa dikembangkan. Landasan pacu 1300 x 30 meter yang berada di Bandara Pongtiku tidak bisa lagi diperpanjang karena terbentur jurang dan bukit.

Dibandingkan dengan Bandara Toraja yang sudah memilki landasan pacu sepanjang 2000 x 30 meter dan sudah dapat didarati oleh pesawat ATR. Bandara Toraja juga memiliki Apron seluas 94,5 meter x 67 meter dan taxiway seluas 115 meter x 15 meter. Adapun luas bangungan terminal sekitar 1152 meter persegi dan mampu menampung 150 penumpang. Semua ini dibangun diatas tanah seluas 141 hektar.

“Dengan adanya bandara baru ini, maskapai dengan pesawat-pesawat besar sekelas ATR sudah bisa masuk ke Tana Toraja. Masyarakat kini dengan dapat lebih mudah masuk dan keluar. Pengunjung destinasi di Tana Toraja kini punya alternatif lain selain travel darat yang dapat memakan waktu hingga delapan jam, kini hanya dibawah satu jam,” ucap Rasidin.

Masyarakat sekarang dapat menggunakan berbagai maskapai nasional yang terbang langsung ke Bandara Toraja dari Makassar dan bandara sekitar. Maskapai yang sudah mulai terbang dari dan menuju Bandara Toraja adalah Wings Air, Susi Air, serta Citilink.

Wings Air melaksanakan penerbangan perdana pada tanggal 14 September dan kini Wings Air rutin terbang keluar dan masuk sebanyak empat kali seminggu dengan rute Bandara Toraja – Makassar. Kemudian, Citilink yang mulai sejak tanggal 5 Oktober juga sudah rutin terbang tiga kali seminggu dengan rute yang sama. Susi Air terbang  dua kali perminggu dengan rute Seko – Toraja.

“Wings Air dan Citilink masuk berkat subsidi oleh dua kabupaten dan satu provinsi yaitu Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara serta kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Rasidin. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here