Bandara Kertajati Siap Layani Penerbangan Charter Umrah

Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. (dok. hubudkemenhub)

Memasuki musim umrah pada bulan Ramadan tahun ini, permintaan keberangkatan jemaah umrah terus meningkat sehingga memengaruhi permintaan penerbangan charter (sewa) oleh agen travel (biro perjalanan).

Untuk itu, Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat siap melayani penerbangan charter umrah yang akan dilaksanakan pada 15 April 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Dirjen Hubud Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni menyampaikan kegembiraannya dan menyambut positif berita tersebut.

“Tentunya kami menyambut baik geliat di industri penerbangan terutama di Bandara Kertajati, apalagi dengan adanya dukungan fasilitas operasional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu yang secara fungsional sudah dibuka,” jelasnya.

Baca juga :   Pembangunan Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Sanur Sesuai Target

Sebagai informasi, Kemenhub sudah memastikan Jalan Tol Cisumdawu segera beroperasi penuh pada 15 April 2023, sehingga akan semakin mempermudah akses dari dan ke Bandara Kertajati.

Bagasi para jemaah umrah di Bandara Kertajati. (dok. hubudkemenhub)

Maskapai Lion Air dengan kode penerbangan JT-068 akan melayani penerbangan charter umrah dengan rute Kertajati (KJT) menuju ke Madinah (MED) dengan menggunakan pesawat Airbus A330-300.

Untuk kelancaran pelayanan penerbangan umrah tersebut, Kristi menegaskan kepada maskapai dan penyelenggara bandar udara (bandara) agar tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan, serta mengedepankan pelayanan terhadap penumpang.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II dan Bandara Internasional Jawa Baat Kertajati untuk persiapan fasilitas sarana dan prasarana, termasuk personil yang bertugas di bandara,” ujarnya.

Baca juga :   Bandara Ngurah Rai Bali Evaluasi Rencana Mitigasi

Kristi berharap dengan adanya penerbangan umrah dari Bandara Kertajati akan menjadi stimulus untuk penerbangan lainnya baik domestik dan internasional agar bisa dilaksanakan melalui Bandara Kertajati. B

 

 

 

Komentar