Bandara Kertajati Layani Penerbangan ke Kuala Lumpur Mulai 17 Mei 2023

Bandara Kertajati yang berlokasi di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. (dok. bandarakertajati)

Masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya mulai 17 Mei 2023 dapat menikmati layanan penerbangan tujuan Kuala Lumpur, Malaysia dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, penerbangan menggunakan pesawat Air Asia dengan jadwal dua kali dalam seminggu.

“Siap-siap terbang lagi dari Kertajati mulai 17 Mei, maskapai Air Asia akan membuka penerbangan dari Kertajati menuju Malaysia. Tiket sudah tersedia di penjualan resmi Air Asia. Mari terbang lagi dari Kertajati, bandara kebanggan Jawa Barat,” ujarnya di Kota Bandung, Rabu (26/4/2023).

Vice President Corporate Secretary & General Administration PT BIJB Dian Nurrahman menjelaskan, Air Asia akan terbang pada Rabu dan Minggu, pukul 10.50 WIB dan akan tiba di Kuala Lumpur pukul 14.05 waktu setempat.

Baca juga :   Ditjen Perhubungan Udara Inspeksi Keselamatan di 40 Bandara Untuk Persiapan Angkutan Lebaran 2203

Kemudian untuk penerbangan dari Kuala Lumpur, pukul 09.05 waktu setempat dan tiba di Bandara Kertajati pukul 10.20 WIB.

Dian menuturkan, sudah ada beberapa maskapai lainnya yang berminat untuk segera membuka penerbangan dari Bandara Kertajati terlebih setelah uji coba Jalan Tol Cisumdawu pada masa mudik Lebaran berjalan mulus.

“Nanti jika sudah operasi normal, perjalanan dari Bandung via Cisumdawu hanya sekitar satu jam sampai Bandara Kertajati lancar dan tidak terkendala kemacetan berarti,” tegasnya.

Sejumlah maskapai lain bahkan ingin membuka penerbangan dari Bandara Kertajati menuju Singapura.

Dian menambahkan, penerbangan umrah  juga akan semakin marak di Bandara Kertajati, apalagi berbagai fasilitasnya disediakan pihak pegelola.

Baca juga :   Bandara Juwata Gagalkan Penyeludupan 4.047 Gram Sabu

Setelah pada 15 April 2023, maskapai Lion Air terbang memberangkatkan jemaah umrah dan pada 9 Mei 2023, maskapai Garuda Indonesia akan kembali membawa terbang jemaah umrah dari Bandara Kertajati.

“Jika Tol Cisumdawu beroperasi normal, nantinya seluruh penerbangan akan melalui Bandara Kertajati, di mana saat ini prioritasnya untuk pesawat bermesin jet,” ungkap Dian.

Saat ini, sejumlah moda transportasi sudah siap mengantar jemput penumpang dari Bandung ke Bandara Kertajati dan sebaliknya, baik melintasi Tol Cipali atau Cisumdawu, seperti DAMRI, Budiman, Blue Bird hingga kendaraan travel Sobat Trans, Arnes dan Bhinneka. B

 

 

Komentar