Bandara Kalimarau Berau; Tetap Berprestasi Ditengah Pandemi

0
161

Bandara Kalimarau, Berau kembali meraih prestasi. Bandara yang terletak di Tanjung Redeb ini menjadi satu-satunya bandara dibawah Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) yang mendapatkan Anugerah Bandara Sehat 2020 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Penilaian Bandara Sehat ini sudah dimulai dari awal tahun 2020. Dari kategori bandara dan pelabuhan, ada enam bandara di Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini. Lima diantaranya merupakan bandara dari PT Angkasa Pura dan satu lagi adalah Bandara Kalimarau.

Kabandara Kalimarau Bambang Hartato menceritakan bahwa pada awalnya Bandara Kalimarau diamanahkan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan wilayah Tarakan untuk mengikuti kontesasi ini. Bambang kemudian menyatakan kesanggupan Bandara Kalimarau untuk bersaing pada kontes Bandara Sehat tersebut.

“Begitu kami diberikan kepercayaan untuk ikut kontes ini, kami siap. Karena sepanjang operasional kami berjalan, Bandara Kalimarau sudah mencoba menerapkan protokol kesehatan maupun lingkungan semaksimal mungkin,” lanjut Bambang.

Predikat Bandara Sehat 2020 yang diraih oleh Bandara Kalimarau ini tentu tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, Kantor Kesehatan Pelabuhan, serta para komunitas forum bandara sehat.

“Penghargaan ini adalah komitmen kami tetap bersinergi terus dan memastikan UPBU Kalimarau ini terus sehat dalam pelayanan yang berorientasi wawasan lingkungan,” ujar Bambang.

Selain Bandara Sehat 2020, Bandara Kalimarau juga mengalami peningkatan pada jumlah penumpang maupun armada pesawat yang beroperasi ke bandara ini. Maskapai Lion Air sudah melakukan upgrade armada dari jenis ATR menjadi pesawat Boeing-NG. Sementara pada bulan Desember ini, Garuda Indonesia juga akan meng-upgrade pesawat yang digunakan dari Bombardier ke Boeing-NG.

“Ini merupakan prestasi tersendiri bagi kami. Ada kenaikan jumlah penumpang sejak September lalu. Tidak tertutup kemungkinan juga okupansi armada penerbangan di Bandara Kalimarau akan terus meningkat,” ujar pria yang dikenal ramah ini.

Piagam penghargaan yang di raih Bandara Kalimarau Berau - Bandara Kalimarau Berau; Tetap Berprestasi Ditengah Pandemi
Piagam penghargaan yang di raih Bandara Kalimarau Berau. Foto : Puti Nadhira

Pada awal saat pandemi Covid-19, operasional penerbangan komersil niaga di Bandara Kalimarau sempat dihentikan sementara. Kini, gerbang transportasi udara di wilayah Berau ini telah beroperasi kembali dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Pengguna jasa maupun staf diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer selama berada di lingkungan bandara. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here