Bandara Jenderal Besar Soedirman Segera Layani Feeder Perjalanan Umrah

Presiden Joko Widodo saat di Bandara Jenderal Soedirman. (Istimewa)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga berencana untuk memanfaatkan Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) sebagai penyedia layanan penyambung perjalanan atau feeder, bagi warga yang hendak beribadah umrah.

Demikian disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam Rapat Optimalisasi Bandara JBS di Ruang Rapat Bupati, Rabu (5/4/2023).

Menurutnya, layanan tersebut dapat membantu masyarakat di wilayah Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Banjarngara, Cilacap, Kebumen, Pemalang, dan Wonosobo.

Saat ini, warga di beberapa wilayah tersebut masih harus menggunakan transportasi darat ke Jakarta jika hendak beribadah umrah.

Nantinya, lanjut Dyah, mereka bisa menggunakan pesawat sebagai penyambung perjalanan ke Jakarta sebelum bertolak ke Arab Saudi.

“Ini tentunya akan lebih memudahkan dan lebih cepat,” ujarnya.

Baca juga :   Menhub Tinjau Proyek Bandara IKN

Dyah menambahkan, Pemkab Purbalingga segera berkoordinasi dengan pemda di kabupaten sekitar dan pelbagai pihak lainnya terkait rencana tersebut.

“Semoga tahun ini sudah bisa mulai berjalan penggunaan Bandara Jenderal Soedirman sebagai feeder umrah,” ungkapnya.

Ketua Kadin Bandara Soekarno Hatta Arifah Mulyani menyatakan, potensi Bandara JBS sebagai feeder umrah untuk wilayah Purbalingga dan sekitarnya, sangat besar.

“Kita akan sediakan pesawat khusus untuk umrah dari Purbalingga dan fasilitas handling juga lounge di bandara, sehingga pelayanan untuk jemaah akan lebih cepat dan nyaman,” katanya.

Arifah optimistis pemanfaatan Bandara JBS sebagai feeder umrah akan berhasil dengan dukungan Pemkab Purbalingga dan sekitarnya.

“Kalau semuanya berjalan lancar, kita optimistis pada Agustus nanti, program ini bisa mulai berjalan,” jelasnya. BIG

Komentar