Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani 343.104 Penumpang Selama Libur Lebaran

Penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. (Istimewa)

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali pada 29 April hingga 8 Mei 2022 atau selama 10 hari masa libur Lebaran tahun 2022 melayani sebanyak 343.104 penumpang dan 2.447 pergerakan pesawat udara, baik domestik maupun internasional.

Khusus penerbangan domestik kedatangan terbanyak berada pada 1 Mei 2022 sebanyak 18.594 penumpang serta keberangkatan tertinggi terjadi pada 8 Mei 2022 dengan 19.461 penumpang.

Peningkatan signifikan statistik lalu lintas angkutan udara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ini disebabkan adanya libur panjang yang didukung dengan kemudahan persyaratan penerbangan sesuai regulasi pemerintah.

Sebanyak 279.079 penumpang domestik dan 64.025 penumpang internasional, baik penumpang yang datang maupun berangkat.

Baca juga :   Bandara I Lagaligo Bua; Layani Luwu dan Sekitarnya

Menurut General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Herry A.Y, bandara ini pada momen libur Lebaran lalu terjadi peningkatan jumlah penumpang dan pesawat udara beroperasi.

Sebagai operator, lanjutnya, bandara ini telah memiliki persiapan khusus menghadapi lonjakan statistik tersebut dengan bersinergi bersama pemangku kepentingan dalam menciptakan keselamatan, serta keamanan dan seluruh fasilitas dipastikan berfungsi baik.

“Kami menyiagakan posko terpadu angkutan lebaran yang melibatkan personil internal berserta unsur keamanan eksternal, seperti TNI dan Polri, pada flow keberangkatan area drop zone terdapat dua lokasi, yakni di daerah parkir premium dan depan terminal keberangkatan domestik,” jelas Herry.

Adapun terkait tiga rute asal tujuan terbanyak didominasi dari Jakarta 159.569 penumpang, Surabaya 45.655 penumpang dan 14.637 penumpang rute Ujung Pandang.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports-BPKP Tandatangan MoU Perkuat Tata Kelola Perusahaan

“Penumpang itu dari maskapai domestik yang mengangkut rata-rata memiliki rute itu, sehingga mendukung proses penerbangan dari dan menuju ke Pulau Bali,” ungkapnya.

Hingga 9 Mei 2022, masih terlihat pergerakan penumpang yang cukup ramai, tapi prediksi dibawah dari trafik sebelumnya dan pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik dan pengawasan untuk keselamatan, serta keamanan pengguna jasa menjadi prioritas.

“Berkaitan dengan hal itu juga, kami menyiagakan Posko Angkutan Udara Lebaran 1443 Hijriah hingga 10 Mei 2022, agar dapat mengantisipasi hal-hal yang mengganggu kelancaran penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai,” katanya. B

 

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here