Bandara Husein Sastranegara Bandung Hanya Angkut 31 Orang dalam Satu Bulan

Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat. (dok. wikipedia.org)

Pascapengalihan penerbangan pesawat jet ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, volume penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung mengalami penurunan drastis.

Sepanjang Desember 2023, bandara tersebut hanya mengangkut 31 orang penumpang.

Padahal, sebelum pengalihan penerbangan ke BIJB, volume penumpang di Bandara Husein Sastranegara Bandung pada Desember 2022 mencapai 31.500 orang.

Rendahnya volume penumpang di Bandara Husein karena bandara ini tak lagi bisa menerima pesawat jet atau berbadan besar.

Bandara Husein hanya bisa mengoperasikan pesawat baling baling berbadan kecil.

“Jumlah penumpang berangkat dari Bandara Husein Sastranegara pada Desember 2023 sebanyak 31 orang, mengalami penurunan sebesar 94,35% dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 549 orang,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat Marsudijono.

Baca juga :   Sebanyak 42.158 Penumpang Akan Padati Bandara Husein Sastranegara Bandung Selama Mudik Lebaran

Sementara itu, secara year on year (yoy), Bandara Husein Sastranegara mengalami penurunan jumlah penumpang sebesar 99,90%.

Di sisi lain, volume penumpang di BIJB tercatat terus tumbuh. Jumlah keberangkatan penumpang penerbangan domestik pada Desember 2023 didominasi oleh penumpang dari Bandara Kertajati dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 21.750 orang.

“Kendati begitu, jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 1,71% dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 22.130 orang,” katanya.

Secara umum, pada Desember 2023, jumlah penumpang penerbangan domestik yang berangkat melalui angkutan udara komersial dari Jawa Barat sebanyak 22.050 orang.

Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 3,96% bila dibandingkan dengan November 2023 yang tercatat sebanyak 22.960 orang.

Baca juga :   Kemenhub Revitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta

Bandara Nusawiru mengalami kenaikan jumlah penumpang sebesar 82,08%. Sementara Bandara Cakrabhuwana Penggung tidak ada keberangkatan penumpang.

Jika dilihat secara kumulatif, jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara di wilayah Jawa Barat pada periode Januari – Desember 2023 mengalami kenaikan sebesar 19,51%.

Adapun untuk penumpang domestik dari Bandara Nusawiru tercatat sebanyak 193 orang, turun sebesar 1,53%.

Penumpang domestik dari Bandara Wiriadinata sebanyak 71 orang, mengalami peningkatan sebesar 12,70%.

Mengenai Bandara Cakrabhuwana Penggung tidak ada keberangkatan penumpang pada Desember 2023. B

 

Komentar