Bandara Hang Nadim Batam Terima Kedatangan Penerbangan Perdana Dari Korsel

Bandara Hang Nadim Batam di Kepulauan Riau. (dok. ap1.id)

Bandara Internasional Hang Nadim Batam menerima kedatangan penerbangan perdana langsung dari Bandara Incheon, Korea Selatan (Korsel) pada Sabtu dini hari (20/5/2023).

Direktur Utama PT Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, pada kedatangan penerbangan perdana ini ada 189 orang turis asal Korea Selatan yang diangkut ke Batam untuk berlibur dan melakukan kegiatan sosial.

“Ada 189 orang yang datang pada penerbangan langsung dari Korea. Sebanyak 140 orang itu turis yang berlibur dan 49 orang lainnya dalam rangka kunjungan sosial di Kota Batam,” ujarnya usai menyambut kedatangan turis dari Korea Selatan.

Menurut Pikri, kegiatan turis asal Korea Selatam di Batam ini juga untuk melaksanakan kegiatan sosial dari Pemerintah Korea Selatan.

Baca juga :   AP II Pastikan Tidak Ada Penutupan Penerbangan Reguler di Bandara Soetta Selama KTT Ke-43 ASEAN

“Mereka di sini selama empat hari tiga malam. Jadi, tidak hanya berlibur main golf di sini, tapi juga kegiatan sosial. Ada orang yang datang hanya fokus pada alam dan lingkungan, itu ada 40 orang khusus untuk itu,” jelasnya.

Dengan adanya penerbangan internasional perdana langsung dari Korea ke Batam hari ini, Pikri berharap bisa menjadi penerbangan reguler serta membantu pertumbuhan ekonomi di Kota Batam.

“Kami berharap ini bisa menjadi penerbangan reguler, sekarang ini charter dulu. Setelah kami punya hak angkut maka ini bisa menjadi reguler,” katanya.

Saat ini, lanjut Pikri, pihaknya sudah bekerja sama dengan dua maskapai penerbangan di Korea Selatan berupa penerbangan sewa untuk setiap satu bulan sekali membawa turis ke Batam.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports dan KSO APP-FL Technics Indonesia Resmikan Pembangunan MRO Pertama di Bali

“Kalau saat ini minimal setiap satu bulan ada penerbangan sewa, kami sudah bekerja sama dengan dua maskapai di sana. Hari ini baru satu maskapai Jeju Air yang datang, saya harap maskapai Jin Air juga bisa segera datang,” tuturnya.

Meski mengalami penurunan drastis akibat Pandemi Covid-19, volume penumpang domestik di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) perlahan membaik memasuki tahun 2022.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam mencatat, jumlah kumulatif penumpang domestik hingga bulan Maret lalu mencapai nyaris satu juta orang atau tepatnya 907.397 penumpang dengan komposisi 465.684 kategori penumpang datang dan 441.713 penumpang berangkat. B

Komentar