AP II Siapkan Bandara Kertajati Layani Penerbangan Haji Mulai 28 Mei 2023

Jemaah umrah saat siap berangkat di Bandara Kertajati yang ada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. (dok. angkasapura2.co.id)

PT Angkasa Pura II (AP II) tengah mempersiapkan Bandara Kertajati Majalengka, Jawa Barat (Jabar) untuk melayani penerbangan haji mulai 28 Mei 2023, dengan keberangkatan sebanyak 24 kloter.

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda menjelaskan, pada kloter pertama sebanyak 30% dari total jemaah haji adalah lanjut usia (lansia).

“Informasi yang kami terima, sebanyak 30% jemaah kloter pertama adalah lansia,” ujarnya dalam keterangan, belum lama ini.

Sejalan dengan itu, Nuril menambahkan, AP II mempersiapkan berbagai fasilitas untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi seluruh jemaah haji, termasuk lansia. “Kami menjadikan Bandara Kertajati ramah bagi jemaah haji lansia.”

Fasilitas yang ditambah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jemaah haji lansia adalah personel khusus yang bertugas memberikan asistensi dan hospitality bagi lansia.

Baca juga :   BIJB Kertajati Kembali Layani Penerbangan Umrah

Selain itu, kursi khusus lansia di boarding lounge, toilet khusus lansia, kemudian kursi roda untuk mengantar mulai dari area check-in hingga boarding lounge dan posko Imigrasi.

“Kami menugaskan personel untuk asistensi dan hospitality, serta menyediakan fasilitas penting antara lain kursi khusus lansia di boarding lounge hingga toilet khusus lansia, dan posko imigrasi dengan dukungan penuh Kantor Imgrasi untuk memproses paspor secara bertahap, tidak bergerombol,” jelasnya.

Sebelumnya pada 9 Mei 2023, Bandara Kertajati kembali melayani penerbangan umrah.

Sebanyak 144 jemaah umrah menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 nomor penerbangan GA902 berangkat dari Bandara Kertajati sekitar pukul 10:37 WIB untuk menuju Jeddah.

Menurut President Director AP II Muhammad Awaluddin, penerbangan umrah kali ini merupakan keempat kalinya sejak November 2022 yang dilakukan di Bandara Kertajati.

Baca juga :   Bandara I Gusti Ngurah Rai Layani Penerbangan Rute Doha dan Istanbul

“Penerbangan umrah tersebut merupakan yang keempat kalinya, sekaligus menandakan konsistensi bersama dalam membangun konektivitas penerbangan di Bandara Kertajati,” ungkapnya.

AP II berharap jemaah umrah asal Jawa Barat dapat merasa lebih nyaman dan lebih dekat melalui Bandara Kertajati untuk berangkat ke tanah suci.

“Seluruh aspek di Bandara Kertajati sudah dipersiapkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah umrah. Fasilitas dan infrastruktur di sisi udara atau air side maupun sisi darat atau land side dalam kondisi baik dan dapat optimal mendukung penerbangan umrah,” tutur Awaluddin. B

 

Komentar