Angkasa Pura II dan INA Kerja Sama Kembangkan Bandara Soekarno-Hatta

0
36
Terminal Kargo. (Istimewa)

PT Angkasa Pura II (Persero) dan Lembaga Pengelola Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA) sepakat menjalin kerja sama untuk mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Kedua perusahaan itu menandatangani dua perjanjian pendahuluan tentang kemitraan strategis pengelolaan dan pengembangan Bandara Soekarno-Hatta, serta Cargo Village Bandara Soekarno-Hatta, dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan keunggulan kompetitif Indonesia.

Ketua Dewan Direktur INA Ridha Wirakusumah menyatakan, optimistis dengan adanya kerja sama tersebut.

Melalui kemitraan strategis dengan Angkasa Pura II (AP II), lanjutnya, INA menghadirkan manajemen dan praktik kelas dunia terbaik bagi layanan bandara dan manajemen kargo.

Jadi, Ridha menambahkan, dapat mendukung terciptanya pengelolaan dan pengoperasian bandara kelas dunia di gerbang utama Indonesia.

“Bandara Soekarno-Hatta dapat memberikan layanan terbaik sesuai dengan best practice global, merealisasikan seluruh potensinya, serta menjadi kunci penggerak sektor logistik udara di Indonesia,” ungkap Ridha dalam keterangan persnya, Senin (11/10/2021).

Baca juga :   Optimalisasi Lahan Eks-Bandara Selaparang Lombok Jadi Automotive Sports Parks

Kemitraan strategis dengan AP II sejalan dengan fokus investasi INA di beberapa sektor utama, seperti bandara, pelabuhan, jalan tol, kawasan industri, digital infrastruktur, layanan kesehatan, dan energi terbarukan.

Adanya bandara dan manajemen kargo yang mumpuni tentunya dapat meningkatkan daya saing Indonesia di sektor logistik udara.

“Kemitraan strategis ini memastikan seluruh aset eksisting dan yang akan dibangun di Bandara Soetta tetap sepenuhnya dimiliki oleh AP II,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menuturkan, kemitraan strategis dengan INA akan secara cepat meningkatkan daya saing Bandara Soekarno-Hatta di tingkat regional dan global.

Melalui kemitraan dengan INA, dia menambahkan, berbagai pengembangan yang sedang dijalankan dalam hal penciptaan layanan yang terbaik bagi pengguna jasa dan transformasi layanan kargo di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga :   Direktur Keamanan Penerbangan Elfi Amir : Avsec Garda Terdepan Pelayanan Bandara

Cargo Village di Bandara Soekarno Hatta yang dilengkapi dengan state of the art technology akan menandakan dimulainya era baru dan modern dalam pelayanan kargo udara di Indonesia akan dapat diakselerasi implementasinya.

Tidak hanya itu, lanjut Awaluddin, kemitraan strategis ini juga mendatangkan manfaat bagi AP II dan Bandara Soekarno-Hatta, yakni expansion the traffic, expertise sharing, dan equity partnership.

“Dampak positifnya, Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia dapat menjaga dan meningkatkan kontribusi sektor angkutan udara terhadap pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Awaluddin. B


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here