Angkasa Pura Airports Layani 105 Reaktivasi dan Pembukaan Rute Penerbangan Baru Pada Januari-Juli 2022

Ucapan selamat datang untuk penumpang maskapai Jetstar di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. (Istimewa)
Bagikan

Bandara-bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports tercatat melayani 105 reaktivasi dan pembukaan rute penerbangan baru pada rentang periode Januari hingga Juli 2022.

Secara rinci, dari 105 rute tersebut adalah sembilan reaktivasi rute domestik dan 22 pembukaan rute baru domestik, serta 73 reaktivasi rute internasional dan satu pembukaan rute baru internasional.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, pada tahun tahun 2022 tercatat kinerja operasional perusahaan ini yang kembali membaik.

“Ini dibuktikan dengan mulai banyaknya maskapai penerbangan baik nasional maupun internasional yang melakukan reaktivasi rute, serta pembukaan rute penerbangan baru di bandara yang kami kelola,” ujarnya.

Khusus untuk penerbangan rute internasional, sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi global di Maret 2020, rute penerbangan internasional reguler yang sebelumnya lalu lalang di bandara-bandara Angkasa Pura Airport praktis berhenti beroperasi.

Baca juga :   Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II; Mengejar Kebangkitan Layanan Bandara Selama Pandemi

“Ini dikarenakan adanya kebijakan penutupan batas negara atau border oleh hampir seluruh pemerintah negara-negara di dunia,” jelasnya.

Faik Fahmi menjelaskan, adanya 73 rute penerbangan internasional yang direaktivasi dan satu pembukaan rute baru internasional di tahun 2022 merupakan pertanda positif akan kebangkitan kembali industri transportasi udara dan pariwisata.

“Direaktivasi dan pembukaan rute baru internasional itu juga akan menghadirkan multiplier effect terhadap perekonomian nasional,” tuturnya.

Rincian reaktivasi dan pembukaan rute baru di bandara-bandara Angkasa Pura Airports pada Januari 2022, terdapat sebanyak lima reaktivasi rute domestik, satu pembukaan rute baru domestik, dan satu reaktivasi rute internasional.

Pada Februari 2022, ada sebanyak satu pembukaan rute baru domestik dan tiga reaktivasi rute internasional. Untuk Maret, terdapat satu reaktivasi rute domestik, dua pembukaan rute baru domestik dan 19 reaktivasi rute internasional.

Baca juga :   Pemerintah Operasionalkan Lagi Tiga Bandara Layani Penerbangan Internasional

Selama April lalu merupakan bulan dengan jumlah reaktivasi rute dan pembukaan rute baru terbanyak yaitu dengan jumlah total 27 rute, yang terdiri dari tiga reaktivasi rute domestik, 12 pembukaan rute baru domestik, dan 12 reaktivasi rute internasional.

Pada Mei 2022, terdapat 15 reaktivasi rute internasional. Untuk bulan Juni, terdapat 2 pembukaan rute baru domestik dan 20 reaktivasi rute internasional.

Selama Juli lalu, ada empat pembukaan rute baru domestik, tiga reaktivasi rute internasional, dan satu pembukaan rute baru internasional.

“Secara total, terdapat sembila maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru domestik, dan 26 maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru internasional,” tutur Faik Fahmi. B

Komentar

Bagikan