Angkasa Pura Airports Dukung Layanan Ekspor Kargo Komoditas Unggulan

Penerbangan maskapai Garuda Indonesia. (Istimewa)

Angkasa Pura Airports mendukung layanan penerbangan kargo komoditas ekspor unggulan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sam Ratulangi Manado menuju Bandara Narita Jepang dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Seremonial pelepasan penerbangan kargo komoditas ekspor unggulan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dihadiri oleh Direktur Niaga Garuda Indonesia Ade R. Susardi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali I Wayan Jarta, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Putu Eka Cahyadi dan General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Herry A.Y Sikado, pada  Rabu (2/2/2022).

Adapun jenis pesawat Garuda Indonesia yang digunakan untuk mengangkut kargo komoditas ekspor adalah Airbus 330-300.

Baca juga :   AirNav Indonesia Himbau Masyarakat Stop Penerbangan Balon Udara Liar

Komoditas ekspor yang diangkut dari Bali menuju Jepang diterbangkan pukul 19.25 WITA dengan membawa produk perikanan berupa ikan tuna segar dengan berat 6 ton.

Pesawat kemudian tiba di Manado untuk melakukan transit pukul 21.30 WITA dan mengangkut kargo perikanan dan jenis lainnya dengan berat 14 ton.

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sam Ratulangi Manado berada pada posisi yang strategis dalam mendukung aktivitas ekspor komoditas unggulan, khususnya perikanan di Provinsi Bali dan Sulawesi Utara untuk menembus pasar Asia.

“Ke depan kami berharap layanan pengiriman kargo ekspor melalui 2 bandara kami ini dapat mendukung kebangkitan perekonomian di Provinsi Bali dan Sulawesi Utara secara berkelanjutan,” ujarnya dalam keterangan perusahaan.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Komitmen Kawal Implementasi Ketentuan Perjalanan Udara Domestik dan Internasional

Faik Fahmi menjelaskan, terwujudnya layanan ini tentu tidak lepas kerja keras dari sinergi yang erat dari seluruh pemangku kepentingan, baik dari Pemerintah Provinsi Bali dan Sulawesi Utara, BKIPM, Bea dan Cukai, Garuda Indonesia dan pelaku usaha untuk bersama-sama mendorong peningkatan layanan distribusi logistik komoditas ekspor unggulan melalui bandara.

Sebagai informasi trafik kargo internasional dan domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada tahun 2021 mencapai 31.319.929 kg (unaudited), sedangkan trafik kargo internasional dan domestik di Bandara Sam Ratulangi Manado tahun 2021 mencapai 16.576.800 kg (unaudited). B