Ada 35.887 Calon Jemaah Haji dari Jateng – DIY Akan Terbang dari Bandara Adi Soemarmo

Bandara Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah kini tidak lagi berstatus internasional. (dok. bandara)

Bandara Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah akan memfasilitasi kegiatan embarkasi/debarkasi haji 2024 untuk Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jateng dan DIY) sebanyak 100 kelompok terbang (kloter), dengan jumlah calon jemaah haji sebanyak 35.887 orang.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin memastikan tidak akan ada perubahan terhadap kesiapan fasilitas maupun standar pelayanan yang ditetapkan meskipun saat ini statusnya menjadi bandara domestik.

Sebagaimana diketahui, Bandara Adi Soemarmo sebelumnya menyandang status sebagai bandara internasional tapi kini hanya menjadi bandara domestik.

Turunnya status itu berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 31 Tahun 2024 tentang Penetapan Bandar Udara Internasional dan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 33 Tahun 2024 tentang Tatanan Bandar udara Nasional.

Baca juga :   Bandara Malikussaleh; Wings Terbang Tiga Kali Seminggu

“Penetapan status bandara tersebut tidak berdampak pada layanan penerbangan haji melalui Bandara Adi Soemarmo,” ujar Erick kepada media di acara Media Gathering dan Halalbihalal di Kantor PT Angkasa Pura I, Boyolali, Jateng.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang melakukan ibadah haji tahun ini melalui Bandara Adi Soemarmo agar tidak perlu khawatir.

Sebab Keputusan Menteri Agama Nomor 152 Tahun 2024 tentang Embarkasi dan Debarkasi Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, juga telah menetapkan penerbangan haji tahun 2024 untuk Provinsi Jateng dan DIY tetap akan dilaksanakan melalui Bandara Adi Soemarmo.

Dia menambahkan, mulai tahun ini pelayanan jemaah haji di Bandara Adi Soemarmo dilengkapi dengan fasilitas fast track Mekkah Route.

Fasilitas fast track merupakan yang disiapkan melalui kerja sama Kementerian Agama dengan Kerajaan Arab Saudi untuk memperluas layanan Mekkah Route di Indonesia.

Baca juga :   Bandara Soekarno-Hatta Kerahkan 3.296 personel guna Kelancaran Operasional Jemaah Haji

Pada tahun sebelumnya, fasilitas tersebut juga telah dilaksanakan di Bandara Soekarno-Hatta.

Melalui fasilitas fast track Mekkah Route ini, jemaah haji Indonesia akan mendapatkan layanan Keimigrasian Saudi Arabia di Tanah Air, sehingga begitu pada saat tiba di Arab Saudi para jemaah tidak memerlukan pemeriksaan lagi.

Legal, Compliance, and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Hermawati P. Menambahkan, kegiatan embarkasi haji 2024 akan dimulai pada 12 Mei hingga 10 Juni 2024.

“Untuk debarkasi haji 22 Juni-21 Juli 2024. Jemaah yang dilayani pada masa tersebut sebanyak 35.887 orang,” katanya. B

 

Komentar