Ada 1.000 Masyarakat Minang Hadiri Pengukuhan Pengurus Gebu Minang Periode 2022-2027

Pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh yang berjasa untuk masyarakat Minang di acara Pengukuhan Pengurus Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) periode 2022-2027 di Hotel Mulia Senayan, Minggu (18/9/2022). (dok. bandara)
Bagikan

Sebanyak 1.000 orang masyarakat Minang di seluruh Indonesia menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) periode 2022-2027 di Hotel Mulia Senayan, Minggu (18/9/2022).

Para tamu yang hadir itu diwakili oleh kalangan Badan Koordinasi, ikatan-ikatan dan juga lembaga kekeluargaan Minang, termasuk Paguyuban Minang Kerinci, serta ketua-ketua DPW dari 22 provinsi di Indonesia.

Bahkan, menurut Ketua Pelaksana Pengukuhan Pengurus Gebu Minang Periode 2022-2027 Irjen (Purn) Pol. Syafrizal Ahiar, sejumlah tokoh masyarakat Minang dan non Minang ikut hadir pada acara tersebut.

Para tokoh yang hadir di antaranya Archandra Tahar sebagai Dewan Pakar beserta seluruh jajaran dan Reydonnyzar Moenek, Dewan Pengawas beserta seluruh jajaran, serta Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah Datuak Marajo dan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.

Selain itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, pimpinan DPD, DPR, dan kementerian atau lembaga negara, Prof. Emil Salim, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, Dewan Pituo beserta seluruh jajarannya dan Letjen TNI (Purn) Doni Monardo selaku Dewan Penyantun, serta juga Fasli Djalal, Dewan Penasehat beserta seluruh jajaran.

Baca juga :   Likupang Tourism Festival 2022 Jadi Tanda Kebangkitan Ekonomi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang bergelar Dato Rajo Pagar Alam ikut hadir dan memberikan sambutan dalam Pengukuhan Pengurus Gebu Minang ini.

Para tamu dalam acara Pengukuhan Pengurus Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) periode 2022-2027. (dok. bandara)

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pengukuhan Pengurus Gebu Minang Periode 2022-2027 Alirman Sori menjelaskan tentang Pengukuhan Pengurus Gebu Minang yang merupakan lanjutan dari keputusan Musyawarah Nasional (Munas) ke-7 Gebu Minang pada 25-27 Juli 2022 di Kota Padang, Sumatra Barat.

“Secara aklamasi, Munas ke-7 Gebu Minang tersebut memutuskan Oesman Sapta Odang sebagai Ketua Umum terpilih, sekaligus sebagai formatur tunggal,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Alirman, Gebu Minang juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh atas jasa dan pengabdiannya, di antaranya penghargaan kepada Prof. Emil Salim, selaku pendiri, pembina dan penggerak Gebu Minang.

Baca juga :   Kemenparekraf Jalin MoU dengan PT Indo Pacific Sheraton Kembangkan Sektor Parekraf

Penghargaan juga diberikan kepada Jendral (Pol) Purnawirawan Awaluddin Jamil, penyanyi legendaris Minang Elya Kasim dan Syahrul Tarun Yusuf, pencipta lagu berjudul Minangkabau.

Ketua Umum (Ketum) Gebu Minang periode 2022-2027 Oesman Sapta Odang (OSO) menyatakan bahwa akan melakukan banyak pekerjaan besar yang harus dituntaskan.

“Pekerjaan untuk menyelidikan, menyatukan dan menguatkan rasa dan pareso, sesama Minangkabau. Keberlanjutan menjaga rasa sesama Urang Awak,” katanya.

Menurut OSO, Gebu Minang harus mempertahankan keberlanjutan tradisi Minangkabau, yakni tradisi alam takambang jadi guru, dimanapun kita berada, dari alam kita belajar.

“Tradisi ini harus terus kita jaga dan rawat agar berlanjut ke anak cucu kita,” ungkapnya. B

 

Komentar

Bagikan