Penjabat Wali Kota Bekasi Buka Rakor dan Seminar Peningkatan Kapasitas Camat serta Lurah

Saat pembukaan Rapat Koordinasi dan Seminar Peningkatan Kapasitas Camat dan Lurah yang bertempat di Ballroom Hotel Grand Mercure, Setiabudi, Kota Bandung. (dok. humaskotabekasi)

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Bekasi menggelar Rapat Koordinasi dan Seminar Peningkatan Kapasitas Camat serta Lurah yang bertempat di Ballroom Hotel Grand Mercure, Setiabudi, Kota Bandung pada Kamis (29/2/2024).

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan kinerja dan peran para Camat, serta Lurah dalam pembangunan dan peningkatan SDM di wilayahnya masing-masing,

Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Gani Muhamad berkesempatan membuka kegiatan tersebut yang menghadirkan dua narasumber sebagai pemateri, yakni Prof. Hyronimus Rowa, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), serta sesi motivasi dari tenaga ahli profesional.

Dalam sambutannya, Gani Muhamad mengapresiasi digelarnya kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk dorongan kepada Camat dan Lurah untuk terus meningkatkan kemampuan diri serta Sumber Daya Manusia (SDM) di instansi masing-masing untuk menciptakan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Baca juga :   KPU Tetapkan Nomor Urut Capres dan Cawapres Pemilu 2024

“Saya percaya bahwa Camat dan Lurah di Kota Bekasi melakukan kinerja secara handal dan profesional, kita laksanakan Tupoksi sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan harus maksimal melayani masyarakat,” ujarnya.

Menurut Gani Muhamad, sukses berjalannya kegiatan pemerintahan di Kota Bekasi berada di tangan pemimpin termasuk Camat dan Lurah sebagai garda terdepan dalam pemerintahan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.

“Diharapkan Camat dan Lurah mampu menyelenggarakan sistem pemerintahan yang baik dimulai dari perencanaan yang sesuai kebutuhan dan tujuan serta penerapan sistem yang dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.

Selain untuk meningkatkan kemampuan diri, Gani Muhamad menambahkan, kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat kepada Camat dan Lurah se-Kota Bekasi untuk terus menciptakan berbagai inovasi program untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga :   Tim Penilai P2WKSS Tingkat Provinsi Jabar Disambut Penjabat Walkot Bekasi

“Camat dan lurah harus memiliki integritas dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, melakukan langkah yang tepat dalam menyelesaikan kebijakan maupun permasalahan maka dari itu, agar kebijakan dan solusi penyelesaian permasalahan dapat dijalankan dengan lebih efisien,” jelasnya.

Dia menegaskan, Camat dan Lurah bersama segenap jajarannya harus mampu menciptakan program melalui ide-ide yang inovatif dan kreatif, sehingga pembangunan di Kota Bekasi terus berkelanjutan dan mampu membawa kemajuan dari sebelumnya. B

Komentar