Ditjen Hubud Pastikan Kesiapan Bandara Sultan Babullah Ternate

Bandara Sultan Babullah Ternate di Provinsi Maluku Utara. (dok. kemenhub/istimewa)

Mendukung rangkaian peringatan Hari Nusantara Tahun 2023 yang akan dimulai 10 – 13 Desember 2023, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubud Kemenhub) memastikan Bandara Sultan Babullah Ternate di Provinsi Maluku Utara siap menjadi pintu masuk jalur udara.

Kegiatan akan berpusat di Kota Tidore dengan mengusung tema “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”, diharapkan dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tahun ini, Kemenhub ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023.

Terpilihnya Pulau Tidore sebagai pusat rangkaian kegiatan dikarenakan Tidore mempunyai sejarah sebagai titik 0 (nol) jalur rempah dalam ekspor cengkeh pertama dari Tidore ke Eropa pada 11 Desember 1521.

Kemudian, tanggal ini ditetapkan sebagai Hari Rempah Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Baca juga :   AP II Siapkan Layanan TravelinLane

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni mengatakan bahwa sebagai pintu gerbang ke Ternate, Bandara Sultan Babullah dipastikan siap melayani kegiatan Hari Nusantara Tahun 2023 pada Jumat (1/12/2023).

“Saat ini, Bandara Sultan Babullah memiliki panjang runway 2.300 meter x 45 meter sehingga dapat melayani pesawat tipe Boeing 737-800 dan Airbus A320, dan terminal penumpang seluas 9.600 m2 yang dapat menampung hingga 400.000 penumpang,” jelasnya.

Adapun rute angkutan udara yang dilayani oleh Bandara Sultan Babullah pulang pergi (pp), yaitu Ternate – Jakarta pp, Ternate – Makassar pp, Ternate – Ambon pp, Ternate – Manado pp, Morotai – Ternate pp, Ternate – Labuha pp, Ternate – Gebe pp, Gebe – Sorong pp, Ternate – Mangole pp, Ternate – Galela pp dan Ternate – Sanana pp.

Baca juga :   Bandara Soekarno-Hatta Masuk Daftar Bandara Paling Ramah Keluarga di Dunia

Selain memastikan kesiapan infrastruktur di Bandara Sultan Babullah, Ditjen Hubud juga melakukan koordinasi guna mendukung penuh pelaksanaan kegiatan, seperti berkooordinasi dengan airlines untuk memberikan extra flight dari/ke Ternate untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasa transportasi udara.

Tidak lupa dilakukan juga koordinasi dengan stakeholder terkait seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kantor Imigrasi, Kantor Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, AirNav Indonesia, dan Kepolisian Daerah Maluku Utara.

“Kami berharap dengan dukungan transportasi udara ini akan memberikan kelancaran penyelenggaraan Hari Nusantara Tahun 2023. Tugas kami menjamin keselamatan, keamananan dan kenyamanan penerbangan bagi pengguna jasa transportasi udara yang akan hadir melalui Bandara Sultan Babullah,” jelas Dirjen Kristi. B

 

Komentar