Jasa Marga Catat Pertumbuhan Kinerja Positif Hingga Oktober 2022

Jalan tol dalam pengelolaan PT Jasa Marga Tbk. (dok. jasamarga.com)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. konsisten menjaga kinerja positif hingga Oktober tahun 2022, salah satunya dengan berhasil mencatat kenaikan pendapatan usaha sebesar 20,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021.

Pendapatan usaha Perseroan merupakan kontribusi dari peningkatan kinerja pendapatan jalan tol sebesar 20,0% dan peningkatan kinerja pendapatan usaha lain sebesar 27,1% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Selaras dengan peningkatan kinerja positif perusahaan, Perseroan juga mencatat volume lalu lintas sebesar 3,33 juta kendaraan pada periode Januari-Oktober 2022.

Jumlah ini meningkat 18,76% jika dibandingkan dengan periode Januari-Oktober 2021.

Sebanyak tiga ruas jalan tol Jasa Marga Group dengan volume Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) tertinggi di tahun 2022 adalah Jalan Tol Dalam Kota sebesar 515.000 kendaraan/hari, Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebesar 447.000 kendaraan/hari dan Jalan Tol Jagorawi sebanyak 396.000 kendaraan/hari.

Jasa Marga melanjutkan program asset recycling sebagai bagian dari strategi korporasi untuk menyeimbangkan pertumbuhan dan kesinambungan bisnis Perseroan.

Menurut data situs jasamarga.com, program tersebut dijalankan dalam rangka mengoptimalkan portofolio bisnis, menyeimbangkan pertumbuhan dan menjaga kesinambungan bisnis Perseroan, sepanjang tahun 2022.

Baca juga :   EHang 216, Mobil Terbang Buatan China yang Bakal Jadi Taksi Udara di Indonesia

Salah satunya, yang juga menyumbang kontribusi pada kinerja positif perseroan, yaitu penandatanganan akta jual beli saham atau Sales Purchase Agreement antara Perseroan dengan PT Margautama Nusantara untuk PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek, anak usaha PT Jasamarga Transjawa Tol yang mengelola Jalan Layang MBZ.

Perseroan saat ini mengelola total 50% jalan tol operasi di seluruh Indonesia atau sepanjang 1.260 km dari total konsesi jalan tol yang dimiliki Perseroan sepanjang 1.809 km.

Dalam mengelola proyek jalan tol yang ditargetkan selesai secara bertahap pada periode 2022-2025, Jasa Marga Marga berkomitmen untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dengan seoptimal mungkin, tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol dengan membangun secara bertahap.

Keenam proyek jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan untuk Paket III Sukabungah-Sadang dan Paket II Setu-Sukabungah, Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri untuk Seksi Kediri-Kertosono, Jalan Tol Bogor Ring Road untuk Seksi Simpang Semplak-Junction Salabenda, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi untuk Seksi Probolinggo-Besuki, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan Jalan Tol Gedebage-Cilacap untuk Seksi Gedebage-Garut Utara.

Perseroan juga berkomitmen untuk memperhatikan kualitas hasil pekerjaan, keselamatan kerja dan mengedepankan penggunaan produk-produk dalam negeri.

Baca juga :   Kemenhub Pastikan Larangan Truk ODOL Berlaku 2023

Sebagai salah satu penyedia sarana infrastruktur jalan tol dalam penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, pada Oktober 2022, Jasa Marga telah menandatangani Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) antara Jasa Marga dengan WIKA Industri Manufaktur tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Penandatanganan ini menunjukkan komitmen Jasa Marga dalam mendukung penerapan green energy dan net zero emission yang juga selaras dengan upaya Jasa Marga dalam merampungkan penataan Jalan Tol Bali Mandara berbasis green environment dan green energy sebagai bentuk dukungan Perseroan terhadap Presidensi G20 Indonesia pada November 2022.

Berbagai inisiatif Perseroan dalam meningkatkan kinerja di fase pemulihan, di antaranya dengan berkomitmen menjaga pemenuhan standar pelayanan minimal jalan tol dan mengendalikan beban bunga dengan melakukan berbagai upaya refinancing.

Inisatif lainnya adalah mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol dengan memastikan pinjaman kredit investasi yang tepat guna hingga meningkatkan implementasi teknologi terintegrasi di industri jalan tol, dengan berlandaskan semangat inovasi dan transformasi guna mewujudkan visi untuk menjadi perusahaan jalan tol nasional terbesar, terpercaya dan berkesinambungan. I

Komentar