Warga Kabupaten Tangerang Bisa Pantau Harga Sembako Lewat Aplikasi Sipangeran

Memantau harga kebutuhan pokok di pasar. (dok. tangerangkab.go.id)

Masyarakat Kabupaten Tangerang bisa memantau pergerakan harga sembako melalui aplikasi berbasis web Sistem Informasi Pangan Kabupaten Tangerang (Sipangeran).

Pada aplikasi tersebut, masyarakat dapat memantau harga serta kebutuhan pokok dan komoditas pangan seperti daging, minyak goreng, beras dan cabai di beberapa pasar di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Asep Jatnika Sutrisno mengatakan, aplikasi ini merupakan inovasi yang muncul dari permasalahan yang ada.

Menurutnya, saat ini sangat diperlukan suatu sistem yang mengatur/menyusun data digitalisasi untuk mempermudah akses informasi untuk masyarakat terkait data pangan dan pertanian di Kabupaten Tangerang.

Pada Senin, 6 Maret 2023, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang meluncurkan aplikasi Sipangeran atau Sistem Informasi Pangan Kabupaten Tangerang.

Baca juga :   Pemkot Bekasi Akan Integrasikan PeduliLindungi Di Setiap Kantor Pelayanan Dan Pemerintahan

“Bagi masyarakat yang ingin memantau harga bahan sembako, silahkan kunjungi http://sipangeran.tangerangkab.go.id ,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Cecep Khaerudin menuturkan, penyusunan aplikasi ini dilakukan berdasarkan saran dan masukan dari DPKP sesuai dengan penyajian data yang diinginkan.

Dia menjelaskan, aplikasi ini juga masih akan terus dikembangkan dan disesuaikan sehingga akses informasi dapat dilihat dengan mudah oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Tangerang.

“Aplikasi ini masih akan terus dikembangkan kedepannya, tentunya kami akan sangat terbuka atas masukan atau saran yang muncul nantinya. Semoga aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi, khususnya terkait data pangan dan data pertanian di wilayah Kabupaten Tangerang,” katanya.

Baca juga :   KAI Sediakan Etalase dan E-Katalog Dorong Pemasaran UMKM Binaan

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui DPKP dan juga Diskominfo melakukan Launching dan Serah Terima Aplikasi Sipangeran.

Kegiatan tersebut turut di hadiri oleh Ibu Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Febya Satyaningsih, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Cecep Khaerudin, Kepala Seksi Pengembangan dan Integrasi Aplikasi Manajemen Pemerintahan Pada Bidang Aplikasi Informatika Heru Susanto, serta para pegawai di lingkup DPKP dan Diskominfo. B

 

Komentar