Wako Medan Luncurkan EV Charging Station di Hotel

Saat peluncuran Electric Vechile (EV) Charging Station di Hotel Le Polonia, jalan Jenderal Sudirman, Medan, Sumatra Utara. (dok. pemkomedan.go.id)
Wali Kota (Wako) Medan Bobby Nasution meluncurkan Electric Vechile (EV) Charging Station di Hotel Le Polonia, Jalan Jenderal Sudirman pada Selasa (30/1/2024).
Adanya EV Charging Station di hotel Polonia menjadikan fasilitas umum ini yang pertama di Provinsi Sumatra Utara (Sumut), khususnya Kota Medan yang menyediakan stasiun untuk pengisian kendaraan listrik.
Peluncuran ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bobby Nasution didampingi General Manager Le Polonia Hotel Medan Handoko dan Perwakilan PLN Cabang Medan.
Usai menggunting pita, Wako yang hadir didampingi Kadishub, Iswar Lubis dan Kadis Pariwisata Yuda P. Setiawan meninjau EV Charging Station, serta mencoba mengisi daya listrik ke kendaraan listrik yang terparkir.
EV Charging Station ini ada di parkiran lobby depan dan parkiran lobby belakang hotel.
Dikatakan Bobby Nasution, Pemerintah Kota (Pemko) Medan mengapresiasi Hotel Le Polonia yang telah menyediakan fasilitas EV Charging Station di hotel tersebut.
Tentunya ini yang pertama kalinya hotel atau fasilitas umum yang menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik.
“Apresiasi kita kepada Hotel Le Polonia yang memberikan fasilitas EV Charging Station bukan hanya untuk pengunjung hotel tetapi masyarakat umum yang mengunjungi seluruh fasilitas hotel seperti cafe bisa menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik ini,” katanya.
Bobby menambahkan, apalagi EV Charging Station ini penggunaannya masih free (gratis), tentunya fasilitas ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik.
Selain itu, yang dilakukan pihak Hotel Le Polonia juga upaya dalam mendukung program Pemerintah.
Menurut Bobby, Pemko Medan terus mendorong tempat atau fasilitas umum yang ada di Ibu Kota Provinsi Sumut ini untuk menyediakan EV Charging Station di masing-masing tempatnya, seperti yang dilakukan Hotel Le Polonia hari ini.
“Kita menargetkan sebanyak-banyaknya adanya EV Charging Station, seperti ini khususnya di fasilitas umum yang menjadi tempat masyarakat beraktifitas contoh hotel, mal dan cafe. Artinya masyarakat bisa sekalian nongkrong dan mengisi kendaraan listriknya,” jelas Bobby Nasution.
Namun, EV Charging Station ini tidak bisa digunakan untuk bus listrik, karena kapasitas Kwh untuk bus listrik berbeda dengan kendaraan listrik pribadi.
Sementara itu, Handoko, General Manager Hotel Le Polonia menjelaskan bahwa tersedianya EV Charging Station di hotel bertujuan untuk mendukung program pemerintah terkait percepatan penggunaan kendaraan listrik atau eco energy.
Dia mengakui bahwa Stasiun Pengisian kendaraan listrik yang ada di hotel ini juga didukung oleh PLN, tentu ini akan semakin membantu masyarakat.
“Adanya EV Charging Station ini merupakan wujud terhadap program pemerintah. artinya Kami mendukung eco energy dan kami percaya program ini senantiasa akan berkembang di Kota Medan,” ungkapnya.
Saat ditanya sampai kapan masyarakat dapat memanfaatkan EV Charging Station di hotel Le Polonia ini secara gratis alias free, Handoko merahasiakannya dan meminta masyarakat untuk dapat mengecek ke sosial media mereka.
“Untuk gratisnya, tunggu informasi aja di Instagram sampai kapan EV Charging Station ini gratis,” katanya. B
Komentar
Baca juga :   Swiss-Belinn Modern Cikande Hotel Mewah Satu - Satunya di Cikande