Uji Coba “Travel Bubble” Indonesia-Singapura Mulai 24 Januari 2022

Lokasi wisata di Bintan. (Istimewa)

Pelaksanaan uji cobat travel bubble (gelembung perjalanan) antara Indonesia-Singapura akan dilakukan mulai Senin (24/1/2022). Skema travel bubble menghubungkan Indonesia dengan sejumlah negara berdasarkan beberapa ketentuan.

Keputusan itu diambil usai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meninjau dua zona Travel Bubble di Kepulauan Riau (Kepri), yakni Nongsa, Batam, dan Lagoi di  Bintan.

“Setelah kami menyimpulkan, maka pada 24 Januari nanti skema travel bubble untuk Batam-Bintan akan dioperasikan,” ujarnya dalam keterangan kementerian, Sabtu (22/1/2022).

Skema perjalanan travel bubble nantinya dicantumkan dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Pada rapat pembahasan Travel Bubble di Hotel Angsana Hotel, Bintan, Kepulauan Riau, Sandiaga menyatakan bahwa wisatawan mancanegara asal Singapura punya prospek sangat strategis dalam membangkitkan ekonomi dan pariwisata nasional, khususnya di Kepri.

Baca juga :   Zona 5 ADWI Di Sumatra Berpotensi Lahirkan Desa Wisata Unggulan

Maka dari itu, lanjutnya, skema perjalanan ini diharapkan membawa sinyal positif terhadap kebangkitan ekonomi dan mampu membuka lapangan kerja.

Safe travel bubble tourism Kepri sudah kita siapkan satu tahun lebih bersama bapak gubernur dan pada saat ini dapat kami sampaikan bahwa Lagoi dan Nongsa sangat siap sebagai bubble zone untuk wisatawan Singapura,” tuturnya.

Sandiaga berharap, travel bubble itu mampu membangkitkan ekonomi, membuka lapangan kerja, dan memberikan sinyal positif bahwa Indonesia bisa menangani pandemi dengan baik dan terkendali.

Rencana tersebut muncul lagi setelah Presiden Joko Widodo menyetujui rencana pembukaan pintu masuk wisata antara Kepulauan Riau dan Singapura melalui skema travel bubble.

Melalui skema travel bubble, dua atau lebih negara akan menyepakati gelembung atau koridor perjalanan untuk mengontrol penyebaran Covid-19.

Baca juga :   Menparekraf Dorong Lebih Banyak Pihak Berpartisipasi dalam Work From Bali

Sementara itu, mengenai fasilitas di Pelabuhan Nongsapura di Batam, Kepulauan Riau, sudah memadai untuk mengakomodasi skema travel bubble.

“Dari hasil pemantauan saya, kita sudah ready to go dan dalam beberapa hari ke depan, mereka akan memastikan kesiapannya sehingga nanti ketika diumumkan oleh Bapak Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto), ini segera langsung beroperasi,” ungkap Sandiaga. B

 


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here