Terminal Anak Air Padang Harus Dioptimalkan

Saat kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Terminal Anak Air Kota Padang, Sumatra Barat. (dok. istimewa)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Terminal Anak Air di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) dan berharap terminal tersebut bisa dioptimalkan.

“Hari ini kita meninjau Terminal Anak Air. Itu salah satu terminal memang yang cukup besar, diharapkan melakukan satu kegiatan pengumpulan jumlah penumpang itu sebagai hub, lalu mengalir ke seluruh provinsi maupun kota-kota yang lain, Medan dan sebagainya,” ujarnya di Terminal Anak Air, Selasa (24/10/2023).

Menhub Budi melihat fasilitas yang ada di terminal tersebut serta bagaimana beroperasinya. Selain itu, dia berinteraksi dengan penumpang di dalam bus.

Terminal tersebut menjadi lokasi bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP), meskipun belum seluruhnya dan Menhub meminta agar bisa lebih dipindahkan seluruhnya.

Baca juga :   Kemenhub Segera Revitalisasi Terminal Tipe A Cicaheum

“Memang ini ada upaya yang harus ditingkatkan, bahwa hub sudah pindah, tapi AKDP belum pindah. Saya mohon kepada Pak Gubernur, Wali Kota, untuk dipindahkan sehingga terminal bisa lebih ramai dan memudahkan masyarakat untuk menggunakan fasilitas,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumbar Dedy Diantolani berterima kasih atas kedatangan rombongan Kemenhub untuk meninjau Terminal Anak Air.

Dia menegaskan, pihaknya segera meningkatkan kembali rute di terminal tersebut.

“Memang kita tidak menutup mata untuk memang kalau AKAP sudah sebagian masuk, kalau AKDP sebenarnya sudah ada juga sebagian baru delapan PO yang masuk ke sini. Itu baru AKDP yang menuju ke wilayah Utara, tapi yang wilayah Timur dan Selatan ini memang belum, akan kita upayakan,” ujar tutur Dedy. B

Komentar