Situasi Arus Mudik di Tol Cikampek H-2 Lebaran Lancar

Kondisi Gerbang Tol Cikampek Utama. (dok. kemenhub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meninjau situasi arus mudik di Tol Cikampek pada Kamis (20/4/2023) atau H-2 menjelang Lebaran.

Kondisi Jaln Tol Cikampek saat itu pergerakan kendaraannya keluar Jakarta terpantau relatif lancar.

“Secara umum sejauh ini evaluasi pelayanan arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek ke arah timur berjalan sangat baik. Ada kemajuan dibandingkan tahun lalu,” kata Menko Muhadjir.

Menurutnya, sejumlah langkah antisipasi telah disiapkan dengan baik, seperti penambahan lajur jalan, maupun rekayasa lalu lintas, seperti contra flow atau one way yang dilakukan secara dinamis menyesuaikan kondisi kepadatan jalan, serta traffic counting yang dilakukan secara cepat dan akurat.

“Sampai sejauh ini dan mudah-mudahan sampai arus balik selesai nanti tidak ada kecelakaan fatal baik di jalan tol maupun arteri,” tuturnya.

Baca juga :   Sistem Ganjil Genap dan Pembatasan Angkutan Barang Antisipasi Kepadatan Lalin Selama KTT G20

Kapolri menambahkan, pada H-3 kemarin, jumlah kendaran yang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencetak rekor tertinggi dibanding arus mudik tahun 2022.

“Pada H-3 mencapai angka 163.000 kendaraan. Naiknya sekitar 20% dibandingkan dengan tahun 2022,” ungkapnya.

Dia menuturkan, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi lanjutan untuk mengambil keputusan mengenai penerapan rekayasa lalu lintas.

“Nanti keputusannya apakah masih ada contra flow, one way atau sudah normal kembali, akan melihat pada angka-angka pergerakan kendaraan per jam yang melintas di jalur tol,” katanya.

Sementara itu, Menhub mengungkapkan, untuk mengantisipasi kepadatan arus balik di hari tertentu yang puncaknya diprediksi akan terjadi pada 24 dan 25 April 2023, akan dilakukan koordinasi dengan para pengelola jalan tol dan juga operator transportasi.

Baca juga :   Kemenhub Siapkan Progres Penyelesaian Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Koordinasi tersebut, lanjutnya, dengan cara memberikan diskon tarif di tanggal-tanggal tertentu setelah hari puncak.

“Jasa Marga sudah sepakat untuk memberikan diskon dan saya mengimbau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya juga memberikan diskon. Saya juga akan menghubungi maskapai, operator kereta api dan kapal untuk memberikan diskon,” tuturnya.

Menhub mengapresiasi kolaborasi yang baik dari semua pihak terkait yang telah mendukung kelancaran penyelenggaraan arus mudik hingga saat ini.

“Mudik aman dan berkesan sudah di depan mata, harapan kita bisa terus berjalan baik hingga selesai arus balik nanti,” ujarnya. B

 

 

 

Komentar