Sebanyak Tiga Penerbangan Internasional Datang Lagi ke Bali

Jalur pemeriksaan kelengkapan dokumen penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai, Bali. (dok. istimewa)
Bagikan

Wisatawan mancanegara (wisman) mulai berdatangan lagi ke Bali, menyusul dibukanya kembali jalur penerbangan internasional ke Pulau Dewata ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaprekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, data kunjungan wisman ke Bali adalah dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.

Berdasarkan laporan PT Angkasa Pura I, trafik di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada 1-18 Februari mencapai 639 penumpang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 462 penumpang datang menggunakan maskapai Singapore Airlines.

Rinciannya, 159 penumpang datang pada 16 Februari, 158 penumpang pada 17 Februari, dan 147 penumpang pada 18 Februari.

“Keberhasilan ini kemudian mendorong maskapai asing lainnya untuk melakukan hal yang sama,” jelasnya.

Baca juga :   Kemenhub dan IATA Tingkatkan Kolaborasi Sektor Penerbangan

Sandiaga menyatakan, sedikitnya akan ada tiga maskapai lain yang terbang langsung ke Bali.

“Ketiga maskapai asing adalah KLM Royal Dutch, Scoot Tigerair, dan JetStar Airways yang akan mengikuti terbang ke Ngurah Rai Bali pada Maret 2022,” ungkapnya.

Maskapai asal Belanda KLM Royal Dutch akan mengoperasikan empat penerbangan dalam seminggu untuk rute Singapura-Denpasar. “Mereka bakal mengoperasikan pesawat Boeing B777 berkapasitas 408 orang.”

Kemudian, maskapai Scoot Tigerair yang berbasis di Singapura akan mengoperasikan tiga penerbangan per minggu untuk rute Singapura-Denpasar dengan pesawat yang digunakan adalah Airbus A320 berkapasitas 108 penumpang.

Sementara itu, maskapai Australia JetStar Airways akan melayani penerbangan tiga kali seminggu untuk rute Singapura-Denpasar dengan menggunakan pesawat Airbus A320 dan kapasitas penumpang 180 orang.

Baca juga :   AP II dan AirNav Indonesia Memodernisasi Penerbangan Nasional

JetStar Airways juga akan melayani rute Sydney-Denpasar dan Melbourne-Denpasar menggunakan pesawat Boeing B788 berkapasitas 335 kursi, Airbus A321 berkapasitas 323 kursi, serta Airbus A320 dengan 186 kursi. B

Komentar

Bagikan