Sebanyak 10 Otoritas Bandara Adakan Kampanye Keselamatan Penerbangan

Bagikan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melaksanakan kegiatan Kampanye Keselamatan Transportasi Udara secara serentak di 10 Kantor Otoritas Bandar Udara di wilayah Indonesia, dengan tema “Bangkit Maju Bersama, Tingkatkan Penerbangan yang Selamat, Aman, Nyaman dan Sehat”.

Kampanye tersebut terpusat di Kantor Otoritas Bandar Udara (Kaotban) Wilayah II Kualanamu Medan pada Minggu (2/10/2022).

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono menyatakan, guna mencapai semangat dari tema kampanye, maka seluruh Insan Transportasi udara harus peka atau concern terhadap safety dan security hazard.

“Selain itu, Insan Transportasi harus mampu segera menilai potensi risiko yang mungkin terjadi, dan mampu secepatnya melakukan mitigasi,” ujarnya.

Seperti diketahui, berbagai upaya dan kerja keras telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan, serta mutu pelayanan transportasi udara kepada masyarakat.

“Saat ini, pencapaian hasil audit keselamatan penerbangan Indonesia sudah di atas nilai rata-rata dunia, sehingga harus dipertahankan, dengan selalu mengupdate regulasi sesuai standar internasional dan melaksanakan efektif implementasinya,” jelas Nur Isnin.

Baca juga :   Bandara Lombok Siap Dukung Superbike di Kawasan The Mandalika

Dengan demikian,  dia menambahkan  harus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga kepercayaan dunia terhadap keselamatan penerbangan Indonesia terus diakui.

“Tentunya dengan membuktikan nilai yang terbaik berdasarkan audit ICAO-USOAP untuk keselamatan penerbangan dan audit USAP untuk keamanan penerbangan, yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2024,” ungkapnya.

Untuk itu, pada Kampanye Keselamatan Transportasi Udara Tahun 2022 ini, Nur Isnin menghimbau kepada  pengguna jasa transportasi udara agar bersama-sama mematuhi dan menaati aturan penerbangan.

“Kepatuhan terhadap aturan yang berlaku mulai dari pre flight, in flight dan post flight akan mewujudkan transportasi udara yang selamat, aman dan nyaman yang selama ini kita gaungkan,” katanya.

Pelaksanaan Kampanye Keselamatan Transportasi Udara ini dimulai dengan apel bersama, dilanjutkan laporan kesiapan dari masing-masing Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I-X yang dihadiri pula oleh seluruh stakeholder penerbangan.

Baca juga :   Bandara Sultan Thaha Jambi Tiga Kali Terbaik di Asia Pasifik Pilihan Traveler

“Kampanye serentak yang kami lakukan dengan menyapa langsung para calon penumpang di terminal bandara, sekaligus menyampaikan pesan-pesan keselamatan melalui pemberian merchandise menarik, serta melakukan inspeksi, khususnya kepada personil penerbangan di bandara,” tuturnya.

Kampanye keselamatan transportasi udara ini  digelar dalam rangka memeriahkan Hari Perhubungan Nasional yang diperingati pada 17 September lalu.

“Saya menghimbau, seluruh insan transportasi udara selalu meningkatkan kompetensinya, sharing pengetahuan dan pengalaman, terutama dalam hal peningkatan keamanan dan keselamatan penerbangan,” ungkapnya.

Tak lupa Nur Isnin menyampaikan apresiasi atas dukungan, kolaborasi dan kerja sama yang baik antara semua pihak sebagai stahekolders penerbangan, seperti pemerintah daerah,  Custom, Imigration, Quarantine (CIQ), Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, airline, groundhandling, Kantor Kesehatan Pelabuhan,  LPPNPI/AirNav Indonesia, BMKG, Basarnas, Kepolisian daerah setempat dan TNI, dalam terselenggaranya Kampanye Keselamatan Transpontasi Udara ini.

“Mari bersama-sama kita ciptakan penerbangan yang selamat, aman, nyaman dan sehat,” tegasnya. B

Komentar

Bagikan