Rute Penerbangan Selandia Baru-Indonesia Kembali Dibuka

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyambut baik dan mengumumkan maskapai penerbangan Air New Zealand membuka kembali rute penerbangan Selandia Baru-Indonesia.

“Rute penerbangan Auckland-Denpasar PP ini telah beroperasi kembali mulai 29 Maret 2023 dengan mengangkut 255 penumpang,” ujarnya saat The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (3/4/2023).

Menurut Sandiaga, penerbangan ini akan beroperasi tiga kali sepekan, yaitu pada setiap Rabu, Jumat dan Minggu.

“Wisatawan mancanegara asal Selandia Baru ini adalah wisatawan yang berkualitas. Mereka selalu memberikan dampak positif terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif kita dengan lama tinggal yang panjang dan belanja yang besar,” jelasnya.

Baca juga :   Fokus pada Pariwisata Berkelanjutan Pelita Air Kolaborasi dengan Pertamina Foundation

Sandiaga menuturkan, wisatawan mancanegara (wisman) asal Selandia Baru ini memiliki durasi tinggal atau length of stay mencapai 10,3 hari dan rata-rata pengeluaran mereka di Indonesia mencapai angka US$1.376 per pax. “Ini setara dengan wisman asal Eropa.”

Sandiaga mengungkapkan, Selandia Baru merupakan salah satu pasar yang potensial bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), karena sebelum pandemi Covid-19, ada lebih dari 131.000 wisatawan asal Selandia Baru yang berkunjung ke Indonesia.

“Kami targetkan dalam dua tahun hingga tiga tahun ke depan mampu menarik 150.000 kunjungan wisatawan New Zealand,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga menambahkan, ada sejumlah rute penerbangan internasional menuju Indonesia yang akan dibuka.

Baca juga :   PAS Bersinergi Dengan AP II Kaji Pengelolaan Bandara Pondok Cabe

Rute-rute penerbangan tersebut adalah Air Asia Jakarta-Pnom Penh yang akan dibuka pada 19 April 2023 dan Trans Nusa rute Jakarta-Kuala Lumpur pada 14 April 2023.

“Saat ini, rute yang sudah terbuka adalah Sri Lanka Airlines Jakarta-Colombo yang beroperasi tujuh kali sepekan dengan penumpang 2.000 seats setiap pekannya,” ujarnya.

Tahun ini, juga akan dibuka penerbangan langsung antara Indonesia-India oleh maskapai Indi Go India dengan rute Mumbai-Jakarta dan Hyderabad-Kualanamu. B

Komentar