Rute Internasional Maskapai Garuda Indonesia dan Jetstar Terbang Langsung ke Bali

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. (Istimewa)
Bagikan

Sejumlah maskapai penerbangan akan melakukan penerbangan langsung (direct flight) dari luar negeri ke Pulau Dewata, Bali dalma waktu dekat ini.

Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan, sedikitnya ada dua maskapai yang sudah menentukan jadwal penerbangan dari luar negeri ke Bali, yakni Jetstar Asia Airways dan Garuda Indonesia.

Dia mengakui bahwa sudah mendapat surat dari manejemen Jetstar Asia Airways yang akan melakukan penerbangan dari Singapura ke Denpasar.

Maskapai Jetstar Asia Airways akan membawa sejumlah penumpang dengan pesawat Airbus A320 pada 16 Maret 2022.

“Rencananya antara 4 sampai 25 Maret 2022, tapi saya mendapatkan konfirmasi tadi bahwa rencananya pada 16 Maret 2022. Saya berharap ini akan bisa lebih cepat lagi dari tanggal itu,” ujarnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Rabu (16/2/2022).

Selain dengan pihak manajemen Jetstar Asia Airways, Koster juga mengaku terus berkomunikasi dengan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Baca juga :   Singapore Airlines Melayani Penerbangan ke Bali Mulai 4 Mei

Menurutnya, maskapai plat merah itu akan melakukan penerbangan dari Sidney, Australia ke Denpasar.

“Saya terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Dirut Garuda sampai terkahir tadi malam, saya berkoordinasi untuk melakukan penerbangan dari Sidney ke Denpasar langsung,” jelasnya.

Koster menuturkan, kebetulan Dirut Garuda Irfan Setiaputra adalah sahabat baiknya sesama alumni Institut teknologi Bandung (ITB).

Dia dan Irfan Setiaputra satu angkatan ketika menempuh pendidikan di ITB, sehingga Koster meminta kepada Dirut Garuda Indonesia itu agar segera membuka penerbangan dari Australia.

“Jadi saya meminta tolong kepada beliau agar Garuda segera membuka penerbangan dari Australia dimulai dari Sidney ke Denpasar. Beliau sudah oke, berkomitmen untuk melaksanakan, rencana 4 Maret 2022,” tuturnya.

Baca juga :   Penerbangan Reguler dari India ke Indonesia Akan Dihentikan

Koster menambahkan, penerbangan internasional ke Bali sudah mulai berjalan sejak 3 Februari 2022. Saat itu, ada penerbangan pesawat Garuda Indonesia dari Narita, Jepang langsung ke Denpasar, Bali.

“Penerbangan berjalan lancar, tapi pada saat itu jumlah penumpangnya hanya 12 orang. Penerbangan dari Narita ke Denpasar satu minggu sekali setiap Kamis, sedangkan Singapore Airlines rencananya adalah setiap hari,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Koster berharap penerbangan yang sudah ada saat ini terus berjalan dengan baik. Begitu pula rencana penerbangan Jetstar Asia Airways rute Singapura-Denpasar, Garuda Indonesia dari Sidney-Denpasar, serta rencana membuka rute dari maskapai Batik Air, agar segera direalisasikan.

Koster mengatakan, terus berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno guna mengawal rencana tersebut. B

 

Komentar

Bagikan