PT AeroAsia Buat Interior Pesawat N219

Interior pesawat jenis N219. (dok. indonesian-aerospace.com)
Bagikan

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) melakukan kerja sama di bidang pengembangan interior pesawat N219 dengan PT AeroAsia Interior (AAI) di Pameran Indo Defence 2022, Kemayoran Jakarta pada Jumat (4/11/2022).

Direktur Produksi PTDI Batara Silaban dan Direktur Utama PT AAI Ziske Taufik menandatangani perjanjian kerja sama tersebut.

Menurut Batara, program pengembangan interiorN219 ini adalah suatu kegiatan rancang bangun dan pengembangan yang dilakukan bersama antara PTDI dengan PT AAI.

“Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan membangun kemandirian ekosistem kedirgantaraan dalam negeri melalui pemanfaatan industri-industri lokal,” ujarnya.

Batara menjelaskan, pengembangan interior N219 mencakup desain konsep, desain dan analisis detail, integrasi desain, manufaktur komponen, sub-assembly, final assembly dan pembuatan prototipe.

Baca juga :   Kemenhub Dukung Percepatan Transisi Kendaraan Listrik Dimulai dari Sepeda Motor

Cakupan itu termasuk untuk pengujian dan proses pengajuan sertifikasi ke Direktorat Kelaikudaraan, serta Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU), Kementerian Perhubungan.

Demikian juga pengembangan kapasitas sumber daya manusia di bidang teknologi penerbangan pemanfaatan sarana dan prasarana fasilitas penelitian, pengembangan dan perekayasaan, diseminasi dan publikasi ilmiah bersama.

Pesawat hasil rancang bangun dalam negeri yang diberi nama Nurtanio oleh Presiden Joko Widodo ini dapat menampung 19 orang penumpang dan melayani penerbangan jarak dekat. B

 

Komentar

Bagikan