Proyek Pembangunan MRT Fase 2A Segmen Harmoni-Mangga Besar Resmi Dimulai

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri Groundbreaking Contract Package (CP) 202 MRT Jakarta Fase 2A dan pembukaan kembali kawasan Kota Tua di Areal Stasiun Jakarta Kota, Sabtu (10/9/2022). (dok. dephub.go.id)
Bagikan

Pemerintah konsisten menjalankan visi-misi membangun konektivitas perkotaan melalui angkutan massal dan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2A (Koridor Selatan-Utara) ini akan dimulai dan diteruskan dilanjutkan sampai ke wilayah Ancol, Jakarta.

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, hal tersebut menjadi bukti konsistensi pemerintah dalam membangun dan mengembangkan angkutan massal perkotaan.

“Tidak hanya kita bangun selatan-utara, tetapi juga nantinya kita akan bangun MRT Fase 3 Koridor Timur-Barat dan juga Fase 4 dari daerah Fatmawati sampai Taman Mini Indonesia Indah,” ujarnya saat menghadiri Groundbreaking Contract Package (CP) 202 MRT Jakarta Fase 2A dan pembukaan kembali kawasan Kota Tua di Areal Stasiun Jakarta Kota, Sabtu (10/9/2022).

Menhub mengungkapkan, pemerintah juga akan terus konsisten membangun angkutan massal yang bisa menghubungkan tempat-tempat wisata.

Baca juga :   Penerapan Teknologi Jadi Peluang dan Tantangan Wujudkan Sistem Transportasi Cerdas

MRT Fase 2A akan melewati kawasan warisan sejarah (heritage) yang juga menjadi destinasi wisata, salah satunya yaitu di kawasan Kota Tua, Jakarta Kota.

“Saya mendukung pembukaan kembali Kawasan Kota Tua oleh Pemprov DKI yang akan memberikan nilai tambah bagi kehadiran MRT. Dengan dilewati MRT, diharapkan kawasan Kota Tua akan menjadi destinasi wisata favorit masyarakat,” tutur Menhub.

Keberlanjutan pembangunan MRT di Jakarta tidak terlepas dari kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan juga kerja sama dengan Pemerintah Jepang yang telah membantu dalam pembiayaan proyek MRT.

“Apa yang kita lakukan ini menjadi contoh bagi kota-kota lainnya untuk menjadikan angkutan massal sebagai prioritas. Dengan semakin banyak masyarakat yang beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan massal, kita bisa berhemat puluhan triliun. Semoga MRT menjadi kebanggan kita semua,” katanya,

Baca juga :   Kemenhub Pastikan Pelayanan Bandara Soekarno Hatta Masa Peniadaan Mudik Tetap Berjalan

Jalur MRT Harmoni-Mangga Besar merupakan bagian dari proyek MRT Fase 2A, yang membentang sepanjang 6,3 km dari Thamrin sampai ke Jakarta Kota, yang melewati tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin-Monas-Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar-Glodok-Kota.

Pembangunan MRT Fase 2A terbagi atas tiga paket, yakni CP 201, CP 202, dan CP 203.

Untuk Fase 2A CP 202 membentang sepanjang 1,8 km melewati tiga stasiun bawah tanah, yaitu Stasiun Harmoni-Sawah Besar-Mangga Besar.

Keseluruhan pembangunan MRT Fase 2A diproyeksikan dapat diselesaikan pada tahun 2028. B

Komentar

Bagikan