Posko Monitoring AP II Resmi Beroperasi Masuki Periode Angkutan Lebaran 2022

PT Angkasa Pura II resmi membuka Posko Angkutan Udara Pada Masa Lebaran Tahun 2022 (1443 H). (Istimewa)

Bandara-bandara dalam pengelolaan PT Angkasa Pura II (AP II) mulai memasuki periode Angkutan Lebaran 2022 pada Jumat (22/4/2022).

President Director AP II Muhammad Awaluddin menyatakan bahwa seluruh bandara AP II mulai fokus mengantisipasi pergerakan penumpang dan pesawat.

“Seluruh bandara AP II berupaya mewujudkan Mudik Aman, Mudik Sehat. Personel bandara fokus pada pergerakan yang ada dan melaporkan secara real-time,” ujarnya.

Menurut Awaluddin, pelaporan itu untuk dianalisa sebagai dasar pengambilan keputusan operasional di lapangan, guna memastikan bandara AP II dapat tetap menerapkan prinsip safety, security service dan compliance terhadap berbagai regulasi, termasuk protokol kesehatan Covid-19,” jelasnya.

Baca juga :   Angkasa Pura Airports Layani 2.485.107 Penumpang Dan 21.441 Pergerakan Pesawat Saat Lebaran 2022

Sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan, mulai Jumat (22/4/2022), sebanyak 20 bandara AP II secara resmi membuka Posko Angkutan Udara Pada Masa Lebaran Tahun 2022 (1443 H).

“Tidak hanya mengawasi operasional bandara dan penerbangan, posko juga bertugas mengawasi ketaatan terhadap protokol kesehatan. Melalui posko ini seluruh stakeholder akan lebih mudah berkoordinasi untuk memastikan Angkutan Lebaran berjalan dengan aman, tertib, selamat dan lancar,” ungkapnya.

Posko Angkutan Lebaran 2022 di bandara AP II diperkuat personel dari stakeholders bandara antara lain AP II selaku operator bandara, Satgas Penanganan Covid-19, Otoritas Bandara, maskapai penerbangan, TNI, Polri, Pemda, Karantina, Bea dan Cukai, serta Imigrasi.

Awaluddin menuturkan, seluruh stakeholder di bandara AP II telah mengantisipasi adanya peningkatan jumlah penumpang pesawat saat Angkutan Lebaran.

Baca juga :   Kabandara Baru Mutiara SIS Al Jufrie

“Standar pelayanan di bandara harus terjaga, protokol kesehatan wajib dijalani, dan seluruh fasilitas dipastikan dalam kondisi baik,” tegasnya.

Adapun pada 22 April 2022, yang merupakan hari pertama periode Angkutan Lebaran 2022 di bandara AP II atau sekitar H-10 Lebaran, diperkirakan jumlah pergerakan penumpang pesawat mencapai 146.723 penumpang.

Pergerakan penumpang pesawat akan terus meningkat hingga diperkirakan puncak arus mudik pada 30 April 2022 atau sekitar H-2 dapat mencapai 169.781 penumpang.

Bandara-bandara AP II telah menerima permohonan penerbangan tambahan (extra flight) dari sejumlah maskapai. B