Poltektrans SDP Palembang Selenggarakan Business Luncheon dengan Stakeholder Transportasi

Dalam rangka meningkatkan koordinasi, sinergi, dan kolaborasi antar instansi dengan stakeholders Politeknik Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang menyelenggarakan Business Luncheon dengan tema “Sinergi Kerja Sama Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul”.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat (PPSDMPD) Nahdudin di Hotel Novotel Gajah Mada pada Kamis (6/4/2023).

Kepala PPSDMPD Nahdudin menyatakan, kegiatan Business Luncheon ini merupakan salah satu sarana untuk berkomunikasi dan bertukar informasi antara Poltektrans SDP Palembang dengan para stakeholder terkait dengan transportasi, serta potensi kerja sama.

“Forum seperti ini sangat efektif dan efisien untuk membangun network, tak hanya itu forum ini juga merupakan cerminan dari sinergi antara pemerintah dengan dunia industri atau stakeholders sektor transportasi,” ungkapnya.

Nahdudin menjelaskan bahwa sinergi antara pemerintah dengan stakeholders terkait dengan di sektor transportasi diperlukan untuk mewujudkan plug and play, yaitu menyatukan antara kebutuhan dengan penyediaan Sumber Daya Manusia (SDM) transportasi dengan kualifikasi sesuai kebutuhan industri transportasi.

“Dengan semakin meningkatnya pembangunan infrastruktur transportasi di Indonesia, tentunya diperlukan SDM bidang transportasi handal dan kompeten yang dapat diwujudkan melalui pendidikan vokasi,” ungkapnya.

Baca juga :   Anak Usaha Angkasa Pura Airports Kembangkan Bisnis Wisata Edukasi Kedirgantaraan

Lebih lanjut, dia menambahkan, model pendidikan vokasional dengan penguasaan keahlian terapan menjadi fokus utama BPSDMP dalam membentuk SDM transportasi unggul dan berdaya saing global.

Tidak hanya bagaimana lulusan terserap di industri transportasi global, lanjutnya, tapi juga perguruan tinggi BPSDMP yang kurikulumnya berstandar global, dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana yang juga berkelas internasional.

“Saat ini, BPSDMP telah memiliki 22 Perguruan Tinggi lintas matra yang terdiri dari darat, laut, udara, dan perkeretaapian yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua,” jelasnya.

Seluruh Perguruan Tinggi ini merupakan refleksi dari kontribusi Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dalam memenuhi kebutuhan SDM transportasi, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga untuk luar negeri.

“Berdasarkan pada PP Nomor 47 Tahun 2022 Perguruan Tinggi di lingkungan BPSDMP merupakan non kedinasan, karena kita tidak hanya menyediakan SDM untuk sektor pemerintahan saja, namun juga untuk sektor industri atau swasta baik dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Baca juga :   SDM Perhubungan Harus Terus Menggali Potensi Diri

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Politeknik Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Palembang sebagai Perguruan Tinggi wajib untuk menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dengan berperan dalam pengembangan SDM sebagai operator dan regulator, khususnya di bidang transportasi sungai, danau dan penyeberangan.

“Poltektrans SDP Palembang menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan berbasis vokasi, baik short course, penjenjangan dan reguler dengan tiga pilihan progran studi, yaitu Prodi Manajemen Transportasi Perairan Daratan, Prodi Kepelautan, yakni Permesinan Kapal dan Studi Nautika,” tuturnya.

Dengan diselenggarakan kegiatan Business Luncheon yang diikuti oleh perwakilan dari Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan, Perusahaan Pelayaran, serta Gapasdap di wilayah Jabodetabek ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta Poltektrans SDP Palembang dalam peningkatan kompetensi SDM bidang transportasi sungai, danau dan penyeberangan.

Selain itu, menjadi Diklat penunjang Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan bidang Maritim Certificate of Competency (COC), termasuk Certificate of Proficiency (COP). B

Komentar