Polres dan Dishub Temanggung Inspeksi Keselamatan Bus di Terminal Madureso

Petugas Kepolisian dari Polres Temanggung bersama Dinas Perhubungan melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan bus di Terminal Madureso. (dok. jatengprov.go.id)

Petugas kepolisian dari Polres Temanggung bersama Dinas Perhubungan melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan bus di Terminal Madureso, Senin (1/4/2024).

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan semua angkutan mudik dalam keadaan laik jalan.

Ramp check ini untuk memastikan semua angkutan mudik dalam keadaan laik jalan. Dengan kondisi kendaraan yang laik jalan inilah diharapkan selama perjalanan tidak terjadi kendala,” kata Kepala Bagian Operasi Satuan Lalu Lintas Polres Temanggung Iptu Endi Widodo.

Dia menjelaskan, pengecekan tersebut juga merupakan upaya untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kerusakan kendaraan.

“Pada pengecekan ini belum ditemukan adanya kendaraan yang tidak sesuai dengan keselamatan. Sudah kita cek, terutama roda, rem, kemudian perangkat-perangkat dari lampu sen, lampu jauh, itu utamanya. Sampai saat ini, belum kita temukan dan semoga tidak kita temukan,” jelasnya.

Baca juga :   Presiden Resmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar di Jabar

Kasi Perbengkelan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Temanggung Gani Cipta Sampurna menyatakan, selama mudik Lebaran 2024, pihaknya intensif melakukan pemantauan kendaraan umum agar tidak terjadi hambatan.

“Melaksanakan ramp chek, ramp chek yang sama, tempatnya juga sama, di terminal juga, dalam hal ini terlihat bagaimana perubahan ketika Nataru kemarin dengan angkutan Lebaran tahun ini, semuanya lebih siap. Secara umum armada yang digunakan untuk penyelenggaraan angkutan Lebaran lebih siap dibandingkan dengan Nataru,” ungkapnya.

Selain melakukan pengecekan kendaraan, sopir dan kru bus juga turut diperiksa kesehatannya berupa pengecekan tensi darah.

“Mereka juga diberikan vitamin dan suplemen kesehatan untuk mendukung stamina,” jelasnya. B

Komentar