Penjabat Wali Kota Bekasi Beri Arahan dan Monitoring ke Wilayah

Monitoring Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad ke lima kecamatan dalam satu hari guna memastikan kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. (dok. humaskotabekasi)

Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad monitoring lima kecamatan dalam sehari guna memastikan kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah.

Kegiatan itu sekaligus memberikan berberapa arahan dalam persiapan pelaksanaanya, dengan kecamatan yang dikunjungi Bekasi Timur, Bekasi Utara, Medan Satria, Bekasi Barat, dan Bekasi Selatan pada Selasa (13/2/2024).

Dalam arahannya, Gani Muhamad menyampaikan beberapa hal terkait indikator suksesnya Pemilu kepada seluruh unsur yang bertugas di Kecamatan dan Kelurahan, termasuk kepada seluruh Lurah di wilayah, beserta unsur dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

Arahan utama Gani Muhamad adalah mengenai empat indikator suksesnya Pemilu, yakni Pemilu berjalan aman dan lancar, partisipasi pemilih yang tinggi, tidak ada konflik yang merusak persatuan, serta pemerintahan dan pelayanan masyarakat berjalan tanpa gangguan.

Baca juga :   Asda II Kota Bekasi Hadiri Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Ponpes

Menurutnya, indikator pertama suksesnya Pemilu di suatu daerah yang pertama adalah aman dan lancar, artinya tidak terjadi gangguan-gangguan yang signifikan, termasuk mengenai hal-hal yang menyangkut distribusi logistik.

“Pastikan semua komponennya aman, lengkap, tidak ada kekurangan, Surat Suara jumlahnya sesuai dengan Data Pemilih, dan juga diperhatikan terkait keamanan TPS-nya,” ujarnya.

Selain aman dan lancar, partisipasi tinggi dari pemilih yang menyumbangkan suaranya juga merupakan indikator suksesnya Pemilu, maka dari itu Gani Muhamad mengarahkan Camat dan Lurah mengajak warganya untuk menggunakan hak pilihnya.

“Di Hari Kasih Suara nanti, agar Camat dan Lurah serta segenap unsur lainnya mampu mendorong para warga untuk mencapai tingkat partisipasi setinggi-tingginya, karena suara masyarakat menentukan arah Bangsa untuk lima tahun ke depan, dan setiap suaranya sangat berarti,” jelasnya.

Baca juga :   Dinas Perdagangan dan Perindustrian Gelar Bekasi Ethnic Food Festival 2024

Kemudian, dia menambahkan, suksesnya Pemilu juga tidak terjadinya konflik, maka dari itu agar kondusifitas tetap terjaga, semua sama-sama mengawal untuk mencegah terjadinya provokasi antar satu dan lainnya.

“Maka Bapak/Ibu sekalian juga harap berhati-hati dan bijak dalam mengelola medsosnya, hindari menyebarluaskan hoax dan ujaran kebencian, jangan biarkan keutuhan NKRI terpecah belah, kita semua wajib menjaga persatuan dan kesatuan,” tegasnya.

Terakhir, indikator suksesnya Pemilu adalah pemerintahan tetap berjalan dan pelayanan kepada masyarakat juga tetap tersedia tidak dibatasi bahkan harus dimaksimalkan.

“Pemerintahan harus tetap berjalan sesuai ketentuan, tidak terhenti, bahkan pelayanan kepada masyarakat juga harus dimaksimalkan, apalagi di saat-saat ini, semua harus bekerja, terutama di hari H pelaksanaannya, semua harus bersama berperan mensukseskan Pesta Demokrasi ini agar aman dan tetap damai,” tutur Gani Muhamad. B

Komentar