Penjabat Gubernur Sumut Lantik Wali Kota Gunungsitoli

Pelantikan Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman, Medan pada Senin (5/2/2024). (dok. sumutprov.go.id)

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin meminta Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli tetap mempertahankan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Ini salah satu tolok ukur meningkatnya kesehatan, pengetahuan dan kehidupan layak di Gunungsitoli.

IPM Kota Gunungsitoli meningkat rata-rata 0,63% per tahun dari 2020 hingga 2023.

Peningkatan juga terjadi dua tahun terakhir, 2022 IPM Gunungsitoli sebesar 71,11 poin dan di 2023 menjadi 71,55 poin (meningkat 0,44 poin).

“Tren positif ini agar semakin ditingkatkan melalui berbagai program, manfaatkan posisi sebagai pintu gerbang dan pusat perdagangan di Kepulauan Nias, dan memiliki infrastruktur strategis,” kata Hassanudin usai melantik Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, Senin (5/2), di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan.

Baca juga :   Poltekbang Surabaya Luluskan 288 Taruna/Taruni pada Sidang Senat Terbuka Yudisium XVII

Hassanudin juga berpesan kepada Sowa’a Laoli untuk terus berkomitmen menangani masalah stunting dan kemiskinan ekstrem.

Caranya antara lain mengaktifkan Posyandu, menyediakan anggaran dan bekerja sama dengan Forkopimda.

“Berdayakan Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai mitra untuk deteksi awal dan kegiatan penanganan yang konkrit di lapangan,” kata Hassanudin.

Poin lain yang perlu diperhatikan Sowa’a Laoli, menurut Hassanudin, adalah terkait Pemilu dan Pilkada.

Sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak merupakan kunci keberhasilan mewujudkan Pemilu dan Pilkada yang aman dan damai.

“Segera antisipasi gejolak sekecil apapun, dan itu bisa dilakukan dengan sinergi yang kuat antara Pemda, Forkopimda dan stakeholder,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Wali Kota Gunungsitoli bersama istrinya Venny Sowa’a Laoli yang dilantik sebagai Ketua TP PKK Gunungsitoli, menyampaikan akan tetap berkomitmen untuk bekerja maksimal melayani masyarakat.

Baca juga :   KAI Tingkatkan Pengamanan saat Lonjakan Penumpang Mudik Pemilu

“Kami akan meneruskan pembangunan di Gunungsitoli, di sisa periode ini kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat,” kata Sowa’a Laoli, yang dilantik sebagai Wali Kota Gunungsitoli, menggantikan Lakhomizaro Zebua, karena meninggal dunia.

Hadir pada Pelantikan Wali Kota Gunungsitoli ini antara lain, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wakapolda Sumut Kombes Rony Samtana Tarigan, Sekdaprov Sumut Arief S. Trinugroho, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu beserta unsur Forkopimda lainnya.

Hadir juga Ketua Dharma Wanita Sumut Dian Arief Trinugroho, OPD terkait Pemprov Sumut dan OPD Gunungsitoli. B

Komentar