Pemprov Jakarta Lepas Sebanyak 12.000 Warga Berangkat Mudik Gratis 2024

Petugas tengah mengawal rombongan pemudik Lebaran yang berangkat dari Jakarta. (dok. jakarta.go.id)

Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Jakarta melepas 12.000 pemudik yang mengikuti Program Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2024 di Silang Monas, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/4/2024).

Para pemudik dilepas secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DKJ Joko Agus Setyono bersama Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKJ Sri Haryati, Komandan Polisi Militer Kodam (Danpomdam) Jaya Brigjen CPM Irsyad Hamdie Bey Anwar, dan Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadirlantas) Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan.

Menurut Joko, program Mudik Gratis merupakan upaya Pemprov DKJ untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalur mudik jelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan pada saat mudik, khususnya bagi para pemudik yang menggunakan moda sepeda motor. Dan juga sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Jakarta untuk memberikan moda transportasi yang mudah dan aman dalam momen perayaan Lebaran,” ungkapnya.

Baca juga :   Ditjen Hubdat Atur Penyelenggaraan Pelabuhan Sungai, Danau dan Zonasi di Kawasan Pelabuhan Penyeberangan

Dinas Perhubungan Provinsi DKJ menyediakan sebanyak 485 bus untuk mengangkut penumpang saat mudik dan balik.

Sebelumnya, pada Rabu (3/4/2024) di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, telah diberangkatkan 12 truk yang mengangkut 335 unit motor ke enam kota tujuan, yaitu Semarang, Kebumen, Solo, Jogya, Wonogiri, dan Malang.

“Bapak Gubernur berpesan kepada para pengendara bus agar berhati-hati, selalu melakukan pemeriksaan kendaraan. Kemudian patuhi aturan lalu lintas dan tidak kebut-kebutan dengan kendaraan lain. Beliau juga berpesan kepada para penumpang agar menjaga kebersihan dan ketertiban di dalam bus agar suasana perjalanan menjadi aman dan nyaman,” tutur Joko.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKJ Syafrin Liputo menjelaskan, pelaksanaan Mudik Gratis 2024 dilakukan bersinergi dengan sejumlah pihak, di antaranya TNI dan Polri. Hari ini, sebanyak 279 bus diberangkatkan ke 19 kota/kabupaten di enam provinsi.

Baca juga :   Lima Kecamatan di Kabupaten Soppeng Terdampak Banjir

“Untuk pemberangkatan hari ini, tercatat sebanyak 12.170 penumpang, sedangkan untuk arus balik akan diberangkatkan sebanyak 206 unit bus yang nantinya akan mengangkut sebanyak 9.186 penumpang,” jelasnya.

Ada 19 kota tujuan program Mudik Gratis 2024, yaitu:
1. Provinsi Lampung: Kota Bandar Lampung.
2. Sumatera Selatan: Kota Palembang.
3. Jawa Barat: Tasikmalaya dan Kuningan.
4. Jawa Tengah: Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Wonogiri, Wonosobo, dan Sragen.
5. D.I Yogyakarta: Kota Yogyakarta.
6. Jawa Timur: Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang. B

Komentar