Pelayanan Angkutan Nataru di Sorong Berjalan Lancar

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto Raharjo di Bandara Domine Eduard Osok Sorong, Papua, Minggu (25/12/2022). (dok. kemenhub)

Tren jumlah penumpang angkutan umum di Sorong, Papua mengalami peningkatan yang signifikan di masa libur natal dan tahun baru kali ini.

“Berdasarkan pantauan yang kami lakukan di pelabuhan dan bandara, walaupun jumlah penumpang mengalami peningkatan, tapi secara umum pelayanan angkutan umum berjalan lancar, aman dan terkendali,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto di Sorong, Papua, Minggu (25/12/2022).

Menurutnya, terdapat tren kenaikan penumpang angkutan udara di Bandara Domine Eduard Osok (DEO), yang didominasi oleh rute dari dan menuju Ambon, Makassar dan Jakarta.

Sekjen Novie melakukan tinjauan ke Pelabuhan Sorong dan Bandara DEO dalam rangka melakukan monitoring dan evaluasi Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Baca juga :   Kemenhub Dorong Inovasi Kendaraan Listrik Harga Ekonomis

“Pihak pengelola bandara atau Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Sorong telah berkoordinasi dengan maskapai untuk menyiagakan pesawat tambahan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang,” tuturnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Sorong, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sorong telah menyiagakan kapal navigasi dan kapal Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP).

“Siaga kapal tersebut akan digunakan sebagai kapal cadangan apabila kapasitas kapal penumpang tidak memadai. Namun, sampai saat ini, kapal penumpang yang ada, masih mampu melayani lonjakan penumpang yang terjadi,” kata Novie.

Berdasarkan data, jumlah kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sorong sebanyak 57 kapal atau meningkat 21,28% dari jumlah kapal pada nataru tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 47 kapal.

Baca juga :   Menhub Dorong Kolaborasi Pelaku Usaha Tingkatkan Daya Saing Logistik

Untuk jumlah penumpang kapal secara total juga mengalami peningkatan 80,88% atau 26.550 penumpang dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 14.678 penumpang.

Turut hadir dalam peninjauan, Staf Ahli Bidang Logistik dan Multimoda Perhubungan Robby Kurniawan. B

 

Komentar