Pelabuhan Penyeberangan Di Kawasan Pariwisata Danau Toba Jelang Peresmian

Kunjungan Menhub Budi Karya Sumadi di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba. (Istimewa)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau sejumlah pelabuhan penyeberangan yang telah dibangun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam mendukung sektor pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara, Senin (31/1/2022).

Beberapa pelabuhan yang ditinjau diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (2/2/2022).

Dalam rangka mendukung KSPN Danau Toba, Kemenhub membangun sebanyak 13 Pelabuhan Penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten di Sumatra Utara.

Ke-13 pelabuhan itu adalah di Kabupaten Toba (4 Pelabuhan), Kabupaten Samosir (4 Pelabuhan), Kabupaten Simalungun (1 Pelabuhan), Kabupaten Tapanuli Utara (1 Pelabuhan), Kabupaten Humbang Hasundutan (1 Pelabuhan), Kabupaten Karo (1 Pelabuhan), dan Kabupaten Dairi (1 Pelabuhan).

Sebanyak tujuh di antaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan, sedangkan enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan.

Baca juga :   Creative Hub Samosir Bentuk Tatanan Ekonomi Baru Pascapandemi

Adapun pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan yaitu : Pelabuhan Penyeberangan Ajibata dan Balige (Kabupaten Toba), Simanindo (Kab. Samosir), Tigaras (Kab. Simalungun), Muara (Kab. Tapanuli Utara), dan Baktiraja (Kab. Humbang Hasundutan), dan Tongging (Kab. Karo).

Pelabuhan penyeberangan yang tengah dibangun adalah Pelabuhan Penyeberangan Silalahi (Kab. Dairi), Ambarita, Onan Runggu, dan Sipinggan (Kab. Samosir), Sigapiton dan Porsea (Kab. Toba).

Menhub dengan menggunakan kapal penyeberangan meninjau tiga pelabuhan penyeberangan yang akan segera diresmikan Presiden Jokowi, yakni Pelabuhan Ajibata, Simanindo dan Tigaras, serta satu pelabuhan yang masih dalam pembangunan, yaitu Pelabuhan Ambarita.

“Saya mengecek kondisi pelabuhan penyeberangan untuk memastikan pelabuhan ini telah siap untuk melayani konektivitas di wilayah Danau Toba dan sekitarnya,” jelas Menhub,

Dia menambahkan bahwa pelabuhan-pelabuhan penyeberangan ini dibangun dengan arsitektur kearifan lokal di daerah Danau Toba.

Baca juga :   Holding BUMN Pariwisata Dibentuk

“Keberadaan pelabuhan ini diharapkan akan meningkatkan konektivitas antar wilayah di Danau Toba dan menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba dan sekitarnya,” ungkapnya.

Selain membangun prasarana pelabuhan penyeberangan, Kemenhub juga telah membangun sarana kapal penyeberangan yang juga akan diresmikan bersamaan dengan tujuh pelabuhan penyeberangan.

Sebanyak empat kapal akan diresmikan, yaitu Dua unit Bus Air yaitu Asa-Asa dan Jurung-Jurung, serta dua unit Kapal Motor Penyeberangan (KMP), yakni Kaldera Toba dan Pora-Pora.

Keberadaan kapal ini melengkapi satu unit kapal yang telah diresmikan, yaitu KMP Ihan Batak.

Menhub juga meninjau Bandara Sibisa yang berada di Kabupten Toba. Lokasi Bandara Sibisa sangat dekat dengan Parapat yang merupakan pintu masuk kawasan Danau Toba. Keberadaan Bandara Sibisa akan berbagi peran dengan Bandara Silangit. B