Menhub Tinjau Stasiun Pasar Senen Lihat Produktivitas Penumpang KA Naik

Saat tiba untuk meninjau situasi arus mudik di Stasiun Kereta Api Pasar Senen, Jakarta pada Minggu (24/12/2023). (dok. kemenhub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau situasi arus mudik di Stasiun Kereta Api (KA) Pasar Senen, Jakarta, Minggu (24/122023).

Stasiun Pasar Senen menjadi stasiun tersibuk pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Secara umum, tahun ini produktivitas pergerakan penumpang kereta api yang berangkat dari Jakarta baik melalui Stasiun Pasar Senen maupun Stasiun Gambir mengalami peningkatan.

“Tahun lalu jumlah penumpang selama masa Nataru sebanyak 600.000 orang. Sekarang ini diperkirakan bisa mencapai sekitar 700.000 orang. Jadi kenaikannya signifikan dan makin produktif, karena jumlah penumpang yang dari Jakarta keluar dengan yang dari daerah ke Jakarta sama banyaknya,” tutur Menhub.

Secara keseluruhan, PT KAI Daop I menyediakan sekitar 773.000 seat di masa Nataru (21 Desember 2023 – 7 Januari 2024)  atau 42.958 seat per harinya.

Baca juga :   Menhub Buka Rakornas Tol Laut 2023

Berdasarkan data, dari Stasiun Pasar Senen memberangkatkan 166.592 penumpang sejak 21-24 Desember 2023.

Adapun tujuan perjalanan antara lain ke Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, hingga Malang.

Dalam tinjauannya, Menhub menyapa para penumpang di stasiun Pasar Senen dan meninjau perjalanan KA Jayabaya relasi Pasar Senen – Malang.

Dia memastikan petugas memberikan pelayanan dengan baik sehingga perjalanan penumpang di Stasiun Pasar Senen berjalan lancar.

“Masa liburan ini saya minta kepada PT KAI dan Dirjen KA untuk melakukan suatu kegiatan kolaborasi. Karena apa yang akan kita lakukan ini adalah melayani masyarakat. Bapak Presiden memberikan note kepada kami para menteri agar melaksanakan kegiatan Nataru dengan aman dan nyaman,” jelasnya.

Menhub menyampaikan terima kasih kepada KAI, TNI/Polri serta seluruh stakeholder di sektor perkeretaapian yang telah berkolaborasi melancarkan perjalanan masyarakat selama masa Nataru.

Baca juga :   Kemenhub Siapkan Regulasi Teknis Untuk Pengembangan Dan Penguatan Pelra

Kepala PT KAI Daop I Jakarta Iwan Eka Saputra menyatakan, penumpang kereta api di wilayah Daop I tahun ini diperkirakan naik sekitar 20% dibanding dengan tahun lalu.

Penumpang kereta api kelas ekonomi selama Nataru mendominasi okupansi per harinya. “Sebagaimana arahan Pak Menhub, kami akan memperhatikan aspek-aspek pelayanan, keselamatan, dan keamanan dari para penumpang,” katanya.

Untuk masa Nataru tahun ini, PT KAI Daop I Jakarta menyediakan 1.319 perjalanan kereta api atau sekitar 73 perjalanan per harinya. Perjalanan kereta api tambahan disediakan sebanyak 184 kereta api atau sekitar 10 perjalanan tambahan per harinya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal,  Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa, Direktur Keuangan KAI Salusra Wijaya, dan Direktur Operasional KAI Awan Hermawan. B

Komentar