Menhub Lepas Keberangkatan Peserta Mudik Gratis Kemenhub, BUMN dan Polri

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas keberangkatan peserta mudik gratis dari tiga instansi, yakni Kemenhub, BUMN dan Polri pada Selasa (18/4/2023).

Pelepasan peserta mudik gratis sepeda motor dengan bus dan truk oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berlangsung di Terminal Jatijajar, Depok.

Sementara itu, keberangkatan mudik gratis oleh BUMN diselenggarakan di Senayan, Jakarta dan keberangkatan peserta mudik gratis oleh Polri dilakukan di Silang Monas, Jakarta.

Menhub menyatakan, program mudik gratis yang diselenggarakan di setiap momen arus mudik dan balik Lebaran merupakan upaya untuk memberikan alternatif angkutan mudik selain sepeda motor.

“Pemerintah terus mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik jarak jauh, karena sangat rentan terjadi kecelakaan,” katanya.

Menhub menjelaskan, meski jumlahnya masih jauh di bawah angka pengguna sepeda motor untuk mudik yang diprediksi mencapai 25,13 juta orang atau 20,3% dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang, tapi dia tetap mengapresiasi dukungan dari berbagai pihak yang telah berpartisipasi.

Baca juga :   Kemenhub Komitmen Percepat Implementasi National Logistic Ecosystem di Pelabuhan

“Saya apresiasi jumlah peserta mudik gratis gabungan dari unsur Pemerintah, BUMN, Polri, swasta dan pihak lainnya sangat masif pada tahun ini. Kita harapkan upaya yang telah dilakukan ini dapat berkontribusi mengurangi kepadatan dan juga mengurangi angka kecelakaan sepeda motor di jalan raya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menhub berharap program mudik gratis yang dilakukan berbagai pihak pada tahun ini, dapat berkontribusi kepada bangkitan dan pemerataan ekonomi di daerah.

Selain itu, Budi Karya menambahkan, juga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan angkutan.

“Program mudik gratis merupakan bentuk kehadiran pemerintah bagi masyarakat untuk mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan berkesan. Seperti pesan Bapak Presiden, mudik itu harus hati-hati dan menomorsatukan keselamatan, ” tutur Menhub.

Program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub menyediakan total kuota sebanyak 80.792 orang dan 16.340 sepeda motor untuk arus mudik dan balik.

Baca juga :   Indonesia Bahas Potensi Terjadinya Pencemaran Minyak di Laut

Terdiri dari moda transportasi darat sebanyak 24.072 orang yang diangkut dengan 585 unit bus dan 900 unit sepeda motor yang diangkut dengan 30 truk, moda transportasi kereta api sebanyak 46.720  orang dan 10.440 sepeda motor, dan moda transportasi laut sebanyak 10.000 penumpang dan 5.000 sepeda motor.

Sementara itu, program mudik gratis yang diselenggarakan BUMN melibatkan peserta sebanyak 78.017 orang.

Terdiri atas 57.587 orang via transportasi bus, 16.590 orang via kereta api, dan 3.840 orang menggunakan moda kapal laut, sedangkan program mudik gratis yang diselenggarakan Polri melibatkan peserta sebanyak 23.439 orang yang diberangkatkan dengan 434 bus.

Turut hadir, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Komisi V DPR Lasarus, dan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi. B

Komentar