Menhub, Kapolri dan Pj Gubernur DKI Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen

Saat Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberikan keterangan pers di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (19/4/2023). (dok. kemenhub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, meninjau situasi arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Peninjauan tersebut dilakukan pada H-3 menjelang Lebaran yang diprediksi menjadi salah satu hari puncak arus mudik.

Pada hari pertama cuti bersama Idulfitri ini, tercatat sebanyak 23.900 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi.

Melihat lonjakan penumpang kereta api yang tinggi pada mudik lebaran tahun ini,

Menhub meminta kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan semua pihak terkait berkolaborasi memberikan layanan terbaik.

“Bapak Presiden Joko Widodo telah memberi arahan kepada kami untuk betul-betul menjaga pelaksanaan arus mudik agar dapat berjalan aman dan berkesan, dengan melakukan pengecekan langsung ke lapangan,” ujarnya.

Baca juga :   Pemerintah Pusat dan Daerah Perlu Kolaborasi Bangun Angkutan Massal Perkotaan

Pada kesempatan yang sama, Kapolri menegaskan, kereta api menjadi salah satu pilihan moda transportasi favorit masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

“Karena tepat waktu, bersih, nyaman, dan aman. Di sini sudah disiagakan pos pengamanan terpadu, jika masyarakat ada keluhan bisa mengunjungi pos tersebut,” tuturnya.

Sejumlah upaya yang telah disiapkan untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang kereta api, antara lain meningkatkan pengawasan gangguan operasional, serta mengantisipasi gangguan sarana dan prasarana dengan menambah petugas.

Selain itu, menempatkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS), lokomotif, kereta pembangkit, juga crane pada titik tertentu. Kemudian, dilakukan pula inspeksi bersama, posko terpadu, penambahan perjalanan, dan ramp check sarana, serta prasarana.

Baca juga :   TransJakarta dan Kereta Cepat Indonesia China Teken Kerja Sama Integrasi

Diprediksi penumpang kereta api pada masa mudik lebaran tahun ini mencapai 14,47 juta orang atau 11,69% dari total 123,8 juta pergerakan masyarakat di masa mudik Lebaran.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api pada mudik Lebaran tahun ini, telah disiapkan 605 kereta api antarkota per hari pada 145 stasiun.

Turut hadir pada peninjauan tersebut Kasum TNI Bambang Ismawan, Kakorlantas Polri Firman Santyabudi, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono, Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Sandry Pasambuna, serta Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal. B

 

 

Komentar