Masyarakat Bisa Daftar Gratis Uji Coba Kereta Cepat Mulai 15 September

Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung (KACJB) bernama Whoosh yang rencananya diresmikan Senin (2/10/2023). (dok. kai.id)

Uji coba Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung sudah dimulai per Jumat, 15 September 2023.

Namun, PT Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC) mengatakan uji coba tahap awal ini hanya akan dilakukan untuk warga yang tinggal di sekitar jalur lintas kereta cepat.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, hal ini dilakukan untuk mengapresiasi masyarakat yang mendukung pembangunan kereta cepat.

“Untuk tahap awal, masyarakat yang diutamakan dapat mengikuti kegiatan uji coba ini adalah warga yang tinggal di sekitar jalur lintas KA Cepat, guna memberikan apresiasi KCIC atas peran serta masyarakat sekitar jalur yang selama ini memberikan dukungan hingga proses pembangunan KA cepat berjalan lancar,” katanya, Jumat (15/9/2023).

Saat ini, melalui pendataan terdapat 98 desa atau kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di sembilan kota atau kabupaten di sepanjang jalur KA Cepat.

Baca juga : Kemenhub Dukung Korlantas Terapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Warga di daerah tersebut sudah melakukan pendaftaran melalui kecamatan setempat dan secara bergiliran akan mencoba perjalanan dengan kereta cepat melalui pengaturan keberangkatan secara khusus.

Namun jangan khawatir, masyarakat lainnya juga bisa mengikuti kegiatan uji coba kereta cepat dengan gratis.

Adapun kesempatan pada masyarakat umum untuk mencoba dan merasakan sensasi naik KA Cepat pertama di Asia Tenggara ini dapat dilakukan secara mandiri melalui website resmi KCIC yang dapat dilakukan Sabtu (17/9/2023).

“Informasi link terkait pendaftaran uji coba akan diumumkan secara resmi melalui saluran informasi resmi KCIC salah satunya akun resmi @keretacepat_ID,” jelas Eva.

Sementara itu, sebagai apresiasi atas dukungan seluruh stakeholder yang langsung ikut mensukseskan kelancaran persiapan operasional KA Cepat, KCIC juga telah mengalokasikan undangan bagi stakeholders terkait untuk mengikuti perjalanan KA Cepat relasi Jakarta – Bandung.

Baca juga : Situasi Arus Mudik di Tol Cikampek H-2 Lebaran Lancar

KCIC dalam keterangannya mengatakan uji coba dilakukan setelah izin operasi dari Kementerian Perhubungan dikeluarkan pada Kamis, 14 September 2023.

Pada proses uji coba penumpang tidak berbayar tersebut setiap harinya akan terdapat empat jadwal keberangkatan dengan mekanisme setiap penumpang akan mendapatkan perjalanan pulang pergi (pp) Halim – Tegalluar dan sebaliknya, sehingga secara total setiap hari nya terdapat delapan perjalanan KA Cepat.

“Selama masa uji coba setiap harinya akan terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk,” ungkap Eva. B

Komentar