Maskapai SAJ Siap Layani Penerbangan Komersial

Pesawat Super Air Jet. (Istimewa)

Maskapai penerbangan Super Air Jet sudah bisa melayani penerbangan komersial di Tanah Air, menyusul persetujuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk izin operasional maskapai tersebut.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, persyaratan teknis dan keselamatan pesawat super jet komersial milik PT Super Air Jet (SAJ) sudah selesai.

“Dengan selesainya seluruh tahapan sertifikasi terhadap SAJ, maka SAJ dinyatakan telah memenuhi seluruh persyaratan teknis dan keselamatan sebagai pemegang Air Operator Certificate,” ujarnya, Sabtu (26/6/29021).

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemhub telah selesai melaksanakan proses sertifikasi terhadap permohonan Air Operator Certificate (AOC) PT SAJ dengan tipe pesawat Airbus A320 pada Jumat (25/6/2021) di Kantor Kemenhub.

Baca juga :   AP II dan Garuda Indonesia Perkuat Sinergi Operasional dan Bisnis

Menurut Novie, PT SAJ telah memegang Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036, yang diterbitkan pada 17 September 2020.

Proses sertifikasi dalam rangka penerbitan AOC sudah dilakukan berdasarkan surat permohonan dari pihak SAJ sejak 30 September 2020, proses sertifikasi mengacu kepada ketentuan ICAO dan regulasi penerbangan yang berlaku di Indonesia yang dilaksanakan melalui lima tahapan atau fase.

Kelima tahapan itu adalah Pre Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration and Inspection, serta Certification.

“Seluruh tahapan ini telah dilaksanakan sertifikasi selama sembilan  bulan,” ungkap Novie pada saat penandatanganan AOC tersebut.

SAJ adalah pemegang Air Operator Certificate pertama yang disertifikasi setelah terbitnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko, dengan demikian persyaratan diterbitkan AOC, yaitu minimal jumlah pesawat udara yang dioperasikan adalah tiga pesawat.

Baca juga :   Maskapai Penerbangan Asing Tak Bakal Bebas Mendarat di Indonesia

“SAJ telah memenuhi persyaratan dengan mengoperasikan tiga pesawat A320, dengan ketentuan satu milik dan dua menguasai,” jelas Novie. B