Lion Air Group dan Garuda Indonesia Layani Penerbangan Umrah dari Bandara Kertajati Mulai 26 November

Penyambutan untuk jemaah umrah dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). (dok. angkasapura2.co.id)

Maskapai Lion Air Group dan Garuda Indonesia melayani penerbangan internasional untuk jemaah umrah dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau dikenal sebagai Bandara Kertajati mulai 26 November 2022.

Penerbangan maskapai Lion Air dengan tujuan Bandara Internasional Amir Menurut Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Arab Saudi (MED).

Menurut Corporate Communication Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro, maskapai ini telah memenuhi dan menjalankan ketentuan operasional menurut masing-masing negara, serta aturan internasional.

Penerbangan ini terlaksana setelah Lion Air memenuhi semua kualifikasi dan persyaratan dari Kementerian Perhubungan dan otoritas penerbangan sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA), termasuk audit keselamatan dan keamanan.

“Hal ini diharapkan mempermudah masyarakat untuk menunaikan umrah, khususnya bagi masyarakat yang ada di wilayah Jawa Barat,” ujar Danang dalam keterangan resmi, Kamis (24/11/2022).

Baca juga :   AP II Implementasi “Fast-Track Makkah Road”

Adapun jenis pesawat yang digunakan mampu melayani non stop, yang membutuhkan waktu tempuh hingga lebih dari 12 jam, sehingga sangat tepat untuk mendukung penerbangan ibadah umrah dari BIJB Kertajati.

Maskapai Lion Air menawarkan layanan mencakup bagasi, makanan di dalam pesawat (inflight meals) tersedia dalam kelas bisnis dan ekonomi, hiburan selama perjalanan (inflight entertainment), musik religi, audio video pada setiap kursi.

Untuk kenyamanan tamu dari masing-masing daerah asal, maskapai Lion Air telah mempersiapkan awak kabin guna membantu kemudahan komunikasi dari aspek bahasa.

Sebelumnya, penerbangan umrah melalui Bandara Kertajati resmi dibuka pada Minggu (20/11/2022) setelah sebelumnya ditunda dari rencana semula pada 7 November 2022.

Baca juga :   Menko PMK dan Menhub Sambut Kepulangan Jemaah Haji Gelombang Pertama

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia turut melayani jemaah umrah yang melalui Bandara Kertajati.

“Iya, dilayani setelah segala kesiapan dari berbagai pihak. Kami lihat dulu potensinya,” jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Minggu (20/11/2022).

Layanan penerbangan ini juga merupakan wujud dukungan Garuda Indonesia terhadap inisiasi pemerintah dalam memaksimalkan kapasitas operasional Bandara Kertajati sebagai penyedia layanan kebandarudaraan bertaraf internasional di wilayah Jawa Barat guna menghadirkan layanan yang nyaman, khususnya bagi calon jamaah umrah.

Irfan menilai, perjalanan ibadah merupakan momen penting yang selalu ditunggu bagi para calon jemaah terlebih momentum pulihnya penerbangan umrah telah lama dinantikan oleh masyarakat setelah sekian lama Pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah kunjungan jemaah akibat pandemi. B

 

 

Komentar