Kuala Lumpur International Airport Terbaik Di Dunia

0
31
Kuala Lumpur International Airport Terbaik Di Dunia
Kuala Lumpur International Airport

Kuala Lumpur International Aiport (KLIA) diberikan penghargaan sebagai sepuluh bandara terbaik di dunia berdasarkan survey global Airport Service Quality (ASQ) pada Oktober 2020. ASQ merupakan program dari Airport Council International (ACI) yang menerapkan standar dan kebijakan bagi bandara di seluruh dunia.

Meskipun dalam masa yang sulit, KLIA dapat naik peringkat menjadi ke-9 untuk paruh pertama tahun 2020. Sebelumnya, bandara ini merupakan peringkat ke-19 di tahun 2019. Dengan skor 4.94 dari 5.00, KLIA menunjukkan peningkatan yang luar biasa dibandingkar skor sebelumnya yaitu 4.69.

Skor baik tersebut merupakan refleksi dari performa baik KLIA. Hal ini ditunjukkan dari skor di beberapa aspek seperti skor sempurna 5.00 untuk kepuasan penumpang bisnis dan wisatawan, 4.99 untuk kebersihan terminal bandara, dan 4.97 untuk ketersediaan kamar mandi.

Dato’ Mohd Sukhrie, CEO dari Malaysia Airports Group, menyatakan bahwa pencapaian ini hanya dapat terjadi dengan adanya usaha dan komitmen dari tim KLIA untuk meningkatkan level servis untuk pengalaman yang menyenangkan dan aman.

“Saya sangatlah bangga dengan performa luar biasa KLIA tahun ini. Meskipun tantangan muncul dengan adanya peraturan untuk new normal di operasionalisasi bandara, seluruh komunitas bandara menunjukkan semangat kolaboarasi yang kuat dan Bersatu untuk meningkatkan performa servis KLIA di mata dunia,” tambah Dato’ Shukrie.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, beberapa solusi telah dilakukan seperti menempatkan kode QR “MYsejahtera” di lebih banyak lokasi dan memberi tanda physical distancing di tempat-tempat strategis. Sedangkan untuk solusi jangka panjang, KLIA menggunakan teknologi seperti contactless self check-in kiosk dan 3D IoT yang memberikan informasi secara langsung mengenai kepadatan kerumunan.

Dato’ Shukrie menyatakan bahwa semua ini dilakukan untuk kembali membangun kepercayaan dalam transportasi udara dan meningkatkan kepuasaan penumpang. B

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here